KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Selasa 31 Oktober 2017 13:31:57
by MelindaCare, via Artikel Penyakit

Menyusui mencegah kanker payudara? Menyusui memang memiliki banyak manfaat, baik itu bagi sang bayi juga ibunya. Untuk sang bayi, ASI tentu sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang dan kesehatannya. Sedangkan bagi sang ibu, selain bisa membantu menurunkan berat badan dan menyembuhkan rahim setelah melahirkan, ternyata menyusui juga bisa mencegah sang ibu terkena kanker payudara.

Menurut sebuah penelitian, perempuan yang baru memiliki anak setelah usianya mencapai 25 tahun ke atas, maka memiliki resiko dua kali lebih besar terkena kanker payudara. Dan aktivitas menyusui menunjukkan dapat melindungi perempuan dari resiko terkena kanker payudara tersebut.

Perempuan yang memiliki riwayat keluarga terkena kanker payudara namun menyusui bayinya ternyata bisa menurunkan resiko terkena kanker payudara hingga 59%. Ketika sang ibu tidak menyusui bayinya maka akan terjadi peradangan dan pembengkakan sehingga menyebabkan perubahan pada jaringan payudara yang dapat meningkatkan resiko terkena kanker payudara.

Sebuah penelitian juga menyebutkan, menyusui bisa mengurangi resiko pengembangan hormon reseptor negatif kanker payudara hingga 20%. Namun kenapa menyusui bisa mengurangi resiko kanker payudara?

  • Menyusui maka artinya sel-sel payudara akan memproduksi susu setiap waktu sehingga membatasi kemampuan sel-sel payudara untuk berbuat menyimpang.
  • Perempuan yang menyusui maka siklus menstruasinya lebih sedikit sehingga kadar hormon estrogen dalam tubuhnya akan rendah. Hormon estrogen ini menjadi salah satu hal yang bisa memicu kanker payudara.
  • Saat menyusui, biasanya sang ibu akan lebih memperhatikan asupan makanan dan minumannya bahkan menerapkan pola hidup sehat. Hal inilah yang menyebabkan menyusui bisa menurunkan resiko terkena kanker payudara.

Menyusui mencegah kanker payudara sehingga tidak ada salahnya bukan untuk memberikan asi ekslusif bagi sang buah hati. Bagi Anda yang memiliki masalah seputar menyusui maka bisa langsung berkonsultasi di Klinik Laktasi Melinda Hospital. 

Komentar Artikel Menyusui Mencegah Kanker Payudara?
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI