KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Jumat 22 Mei 2015 15:21:56
by MelindaCare, via Artikel Nutrisi

Vitamin anak diperlukan untuk membuat tubuhnya tumbuh sehat dan terhindar dari segala penyakit. Saat ini, angka kematian pada anak berusia di bawah 5 tahun masih tinggi. Hal tersebut disebabkan oleh rendahnya sistem kekebalan tubuh pada anak yang diakibatkan oleh kurangnya asupan gizi. Berikut adalah vitamin anak sehat yang diperlukan agar kekebalan tubuh dapat meningkat sehingga tidak mudah sakit:

  1. Vitamin A. Berfungsi sebagai antioksidan. Vitamin ini juga diperlukan untuk mematangkan dan melindungi sel darah putih, menjaga selaput lendir pada sistem pernafasan, saluran kencing dan pencernaan, serta metabolisme asam lemak yang penting bagi tubuh. Vitamin A dapat ditemukan pada wortel, minyak ikan, susu, keju dan hati.

  2. Vitamin B. Berfungsi sebagai pembentuk antibodi, metabolisme sel darah putih, mengembangkan timus dan untuk metabolisme asam lemak penting. Vitamin B bisa didapatkan pada makanan seperti beras merah, telur, ikan, kacang-kacangan, gandum dan susu.

  3. Vitamin C. Berfungsi sebagai antibakteri, anti histamin, anti inflamasi, antioksidan, anti virus. Vitamin C bisa diperoleh dengan mengkonsumsi beraneka buah dan sayur seperti jeruk, tomat, arbei, strawberry, kiwi, asparagus, kol, susu, mentega, kentang, ikan, dan hati.

  4. Vitamin E. Berfungsi sebagai antioksidan. Vitamin ini diperlukan untuk membentuk antibodi, menjaga kelenjar timus dan melancarkan metabolisme asam lemak penting. Vitamin E banyak terdapat pada susu, mentega, telur, sayur-sayuran seperti asparagus, kacang-kacangan, buncis dan buah-buahan seperti pisang serta strawberry.

  5. Kalsium. Berfungsi untuk aktivitas makrofag, pembentukan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang. Kalsium bisa didapatkan dari sayuran hijau, sayur-sayuran berdaun lebar, tahu, kedelai, ikan sarden, ikan salmon, susu, yoghurt dan keju.

  6. Zat Besi. Diperlukan untuk menghasilkan sel darah putih dan antibodi. Zat besi dapat ditemukan pada makanan seperti telur, susu, hati, ikan, daging, tempe, tahu, oncom, kedelai, kacang hijau, kangkung, bayam, daun katuk, jeruk, jambu biji dan pisang.

  7. Zinc. Berfungsi sebagai antioksidan, diperlukan untuk mengembangkan sel darah putih dan metabolisme asam lemak penting. Zinc banyak terkandung dalam daging sapi, tiram, daging unggas, susu dan yoghurt.

Itulah tadi vitamin anak sehat yang wajib Anda berikan pada si kecil setiap harinya. Berikan makanan empat sehat lima sempurna kepada buah hati tercinta. Ketahuilah bahwa apa yang dikonsumsi oleh anak Anda saat ini akan menentukan pertumbuhan tubuh serta otaknya di masa yang akan datang. Semoga artikel mengenai vitamin anak sehat ini dapat membantu Anda menjaga si kecil agar selalu sehat serta cerdas.

Komentar Artikel Vitamin Anak Sehat? Ini Daftarnya
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI