KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Selasa 07 April 2015 11:42:18
by MelindaCare, via Artikel Keluarga

Tips mengelola keuangan rumah tangga harus diperhatikan oleh setiap pasangan suami istri, entah itu baru menikah ataupun sudah lama. Karena hal ini penting untuk keberlangsungan rumah tangga yang bahagia dan sejahtera. Di dalam sebuah keluarga, tentu ada pengelolaan keuangan yang biasa disebut anggaran rumah tangga. Hal itu dilakukan agar pemasukan dan pengeluaran keuangan itu stabil dan seimbang. Maka, mengelola keuangan rumah tangga patut dilakukan dengan cara yang tepat. Pertama-tama yang harus dilakukan adalah menghitung kewajiban finansial yang masih tertinggal. Misalnya kewajiban membayar kartu kredit, asuransi, dan lain sebagainya. Sebab, ketika resmi menjalani kehidupan sebagai pasangan suami istri, mengelola keuangan rumah tangga dilakukan dengan satu pembukuan, dimana diperlukan adanya keseimbangan income dan outcome.

Selanjutnya, Anda dan pasangan harus mulai menghitung alokasi dana dengan mengelompokkan ke dalam tiga bagian yaitu, overhead (makan dan transport), investasi dalam bentuk tunai maupun kredit (membeli rumah, kendaraan, alat-alat elektronik, dan lain sebagainya), serta harus memiliki tabungan (asuransi dan deposito). Dari ketiga bagian tersebut harus memiliki nilai yang sama rata, yaitu sepertiga bagian. Jika anda dan pasangan memiliki kebiasaan pergi berlibur, maka mengelola keuangan rumah tangga harus diambil dari tabungan pribadi.

Tips mengelola keuangan rumah tangga itu harus direncanakan dan dipraktekan sebelum memulai hubungan pernikahan dan saat berumah tangga. Selain itu, pemilihan tempat tinggal pun haruslah diperhatikan. Pilihlah rumah yang dekat dengan tempat bekerja atau area strategis. Misalnya, dekat dengan rumah sakit, puskesmas, supermarket, sekolah untuk anak, tempat bermain, arena kebugaran, dan mudah dilalui transportasi umum. Rumah yang ideal akan meminimalisir pengeluaran keuangan secara berlebihan.Mengelola keuangan rumah tangga harus didiskusikan secara terbuka oleh Anda dan pasangan. Karena pada dasarnya, keuangan merupakan salah satu perihal sensitif penyebab perceraian.

Komentar Artikel Mengelola Keuangan Dalam Rumah Tangga
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI