KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Selasa 07 April 2015 09:09:26
by MelindaCare, via Artikel Pendidikan

Pendidikan seks pada anak sering dimulai dengan pelajaran anatomi yang sederhana. Tetapi selama bertahun-tahun usia sekolah, anak Anda mungkin mulai bertanya pertanyaan spesifik tentang seks. Sebagai orang tua, pernahkah Anda merasa tidak nyaman membicarakan seks dengan anak-anaknya? Apalagi mungkin jika Anda dan orang tua lainnya sudah berpikiran negatif tentang sex. Dan biasanya orang tua takut jika mereka menerangkan pendidikan sex pada anak.

Balita dan anak prasekolah sering puas dengan jawaban jelas atas pertanyaan tentang di mana bayi berasal. Namun anak-anak usia sekolah cenderung mengajukan pertanyaan yang lebih spesifik tentang hubungan antara seksualitas dan membuat bayi. Padahal, tanpa diketahui orang tuanya, anak Anda dapat mencari informasi yang berhubungan dengan pendidikan sex melalui sumber sumber seperti internet, buku, majalah, atau bahkan film. Sayangnya, informasi-informasi tersebut kebenarannya diragukan dan mungkin saja menyesatkan.

Dari pada anak Anda terjerumus pergaulan dan sex bebas karena kurangnya informasi dari orang tua, lebih baik terangkan secara jelas kepada mereka. Orang tua dapat mengajarkan misalnya tentang organ sex pria dan wanita, soal menstruasi, mimpi basah, dan sebagainya. Orang tua dapat memberikan si kecil buku dengan topik pendidikan sex pada anak. Ketika anak usia sekolah Anda bertanya tentang seks, tanyakan apa yang dia sudah tahu. Memperbaiki kesalahpahaman, dan kemudian menjawab pertanyaan mengenai seks secara jelas. Jangan menertawakan pertanyaan anak Anda atau menggunakan nama panggilan untuk anatomi seksual. Penting adanya untuk mendiskusikan secara jelas bersama si kecil mengenai pendidikan sex pada anak.

Komentar Artikel Pentingnya Memberikan Pendidikan Sex Pada Anak
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI