KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Senin 16 Maret 2015 13:54:54
by MelindaCare, via Artikel Keluarga

Tips memelihara binatang peliharaan perlu diperhatikan sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk memeliharanya. Binatang peliharaan memang bisa dijadikan teman setia, bahkan hidup dengan binatang kesayangan dapat membantu menurunkan tekanan darah, meredakan kecemasan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menguatkan hubungan sosial.

Namun dibalik segudang manfaatnya, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan untuk memelihara binatang peliharaan, terlebih jika di dalam rumah terdapat anak kecil. Apa saja itu? Simak penjelasannya berikut ini!

1. Berapa usia anak Anda?

Tidak semua binatang cocok dengan anak, tergantung berapa usia anak Anda sekarang. Misalnya, anak yang berusia empat tahun menginginkan seekor kucing, tetapi sebenarnya di usianya itu, anak Anda belum dapat bertanggungjawab untuk merawat kucing. Anda dapat mempertimbangkan untuk memberi marmut untuk anak Anda yang masih kecil, karena binatang ini senang dipegang dan jarang menggigit.

2. Apakah anak Anda benar-benar mengginginkan binatang peliharaan?

Anak-anak biasanya menyukai binatang, tetapi tidak semua anak menginginkan binatang peliharaan berada di sekitar rumah mereka. Jangan karena anak Anda terlihat senang bermain dengan anjing milik tetangga bukan berarti anak Anda siap atau menginginkan merawat seekor anjing untuk dirinya sendiri.

4. Apakah Anda sudah memikirkan biayanya ?

Banyak orang tidak memikirkan berapa banyak biaya yang dibutuhkan untuk merawat binatang peliharaannya. Dan sekarang lebih baik Anda memikirkan terlebih dahulu apakah Anda siap mengeluarkan biaya untuk merawat binatang peliharaan Anda nantinya ?

5. Binatang peliharaan apa yang cocok dengan keluarga Anda ?

Diskusikan dengan keluarga Anda tentang binatang apa yang akan dijadikan binatang peliharaan. Anda juga dapat membaca buku berhubungan dengan karakteristik binatang peliharaan yang mungkin cocok dengan keluarga Anda.

6. Kunjungi tempat perlindungan hewan

Setelah keluarga Anda siap untuk memelihara binatang peliharaan, Anda dapat mengunjungi tempat perlindungan hewan. Dengan mengadopsi binatang yang terdapat di tempat ini, berarti Anda telah memberikan kesempatan binatang yang tidak memiliki rumah untuk hidup.

Itulah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memelihara binatang peliharaan. Dalam tips memelihara binatang peliharaan, Anda perlu memperhatikan banyak hal, terutama terkait dengan kesehatan. Siap memelihara binatang peliharaan di rumah?

Komentar Artikel Tips Memelihara Binatang Peliharaan, Perhatikan Hal Ini!
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI