KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Senin 02 Maret 2015 13:03:07
by MelindaCare, via Artikel Keluarga

Cara menghadapi anak remaja yang nakal, Anda perlu melakukannya dengan cara khusus. Seorang anak remaja biasanya bingung untuk menemukan identitas dirinya. Kondisi anak yang labil dan mulai bertingkah nakal, kerap membuat orang tua bersikap over protective. Sikap orang tua yang seperti ini malah membuat anak menjadi pemberontak. Bagaimana cara menghadapi anak remaja yang nakal?

1. Hormati privasinya. Ingatlah, anak Anda bukan anak kecil lagi, ia butuh ruang khusus untuk menghabiskan waktunya sendiri atau bersama teman-temannya. Berikan kepercayaan kepada anak dan buat aturan sederhana, misalnya pukul 7 malam sudah di rumah atau aturan lainnya

2. Jadilah sahabat anak. Ciptakan rasa aman dan nyaman untuk anak Anda. Buat ia mempercayai Anda sebagai tempat untuk mencurahkan segala isi hatinya. Komunikasi terbuka merupakan suatu keharusan jika Anda ingin membantu anak melalui masa- masa remajanya

3. Terapkan aturan ketat. Aturan ini dapat terbentuk dengan sendirinya dengan menerapkan nilai-nilai atau tradisi keluarga Anda. Namun, ada juga aturan yang dibuat atas kesepakatan Anda dan anak, misalnya ketika anak melanggar aturan tersebut, Anda berhak memberikan hukuman untuk anak. Bukan berupa hukuman fisik.

4. Selalu ada untuknya. Selain materi, anak remaja juga memerlukan sosok yang selalu hadir saat ia butuhkan. Hal-hal kecil seperti pelukan, motivasi, dan hal lain yang dapat mengekspresikan kasih sayang sangat ia perlukan.

Cara menghadapi anak remaja yang nakal terpenting adalah berbincanglah, pahami, dan yakinkan anak bahwa Anda menyayanginya dan selalu ada untuknya dalam kondisi apapun. Berilah anak kebebasan untuk berekspresi dan tetap awasi ia dari jauh.

Komentar Artikel Cara Menghadapi Anak Remaja Yang Nakal, Sulitkah?
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI