KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Kamis 09 Oktober 2014 10:42:10
by MelindaCare, via Artikel Penyakit

Apa itu Ebola Virus? Virus Ebola berasal dari genus Ebolavirus, famili Filoviridae. Penderita biasanya akan menunjukkan gejala, diantaranya diare, sakit badan, pendarahan dalam ataupun luar, dan demam. Penelitian menunjukkan kasus Ebola yang teridentifikasi akan berakhir dengan kematian.

Data WHO menyatakan selain di tubuh manusia, virus Ebola juga ditemukan di tubuh hewan primata, seperti monyet, gorila, dan simpanse. Virus Ebola pertama kali diidentifikasi pada tahun 1976 di Kota Nzara, Sudan, dan Desa Yambuku, Republik Demokratik Kongo. Nama Ebola berasal dari Sungai Ebola yang terletak di Desa Yambuku.

Jadi, apa itu Ebola virus? Virus Ebola adalah virus penyakit menular yang mematikan, ia bekerja dengan masuk ke sel tubuh manusia, lalu bereplikasi. Virus tersebut menghasilkan sejenis protein bernama Ebolavirus glycoprotein, yang akan menempel di sel pembuluh darah. Hasilnya, permebilitas pembuluh darah meningkat dan membuat kebocoran pada sel darah. Ini yang membuat penderita shock dan akhirnya meninggal.

Virus ini tidak menyebar melalui udara, tetapi melalui kontak langsung dengan penderita yang melibatkan pertukaran darah, keringat, atau cairan tubuh yang lain. Bangkai, kotoran, dan cairan yang berasal dari hewan yang terjangkit juga bisa menjadi media penularan virus.

Penanganannya juga harus hati-hati, penderita akan diisolasi di ruangan tertutup. Penderita virus Ebola yang telah meninggal harus dimakamkan dengan hati-hati, karena mereka juga masih dapat menularkan virus.

Sudah tahu kan apa itu Ebola Virus dan cara penularannya? Walaupun virus ini belum ditemukan obatnya, jangan khawatir, karena WHO sedang melakukan penelitian dan pengembangan vaksin virus Ebola dan diharapkan sudah bisa digunakan di awal tahun 2015.

Komentar Artikel Apa Itu Ebola Virus?
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI