KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Jumat 03 Oktober 2014 14:28:39
by MelindaCare, via Artikel P3K

Pertolongan pertama pada korban kesetrum/ luka bakar elektrik, sambil menunggu bantuan medis, sebaiknya amati lebih dulu korban dan jangan menyentuhnya karena berisiko tersengat juga. Luka bakar akibat sengatan listrik dapat tidak tampak pada permukaan tubuh korban, namun kerusakan organ dalam seperti gangguan irama hingga henti jantung dapat terjadi dan kejutan yang dihasilkan oleh sengatan listrik dapat menyebbakan korban terlempar jauh sehingga dapat menyebabkan perlukaan lain, seperti patah tulang, lebam, dan trauma tumpul dada serta perut. Segera panggil bantuan medis!

Sementara menunggu bantuan medis saat menolong korban sengatan listrik lakukan:

  1. Amati lebih dulu. Jangan sentuh korban. Korban mungkin masih berkontak dengan aliran listrik, menyentuh korban dapat meningkatkan risiko kejadian ikut tersengat listrik. Cari sumber listrik.

  2. Matikan sumber listrik, bila memungkinkan. Bila tidak memungkinkan, jauhkan dari korban dan penolong. Gunakan alat pelindung diri terlebih dahulu , jauhkan dengan menggunakan objek isolator, seperti plastik atau kayu.

  3. Periksa tanda sirkulasi . Bila tidak ada nafas, lakukan resusitasi jantung paru (lihat bagian resusitasi jantung paru >> inbound link: resusitasi jantung paru).

  4. Cegah syok. Posisikan korban berbaring dengan kepala lebih rndah dari batang tubuh, bila memungkinkan, tinggikan kaki.

  5. Tutup area yang terkena sengatan.Jika korban bernafas, tutup bagian yang terkena dengan kassa steril bila tersedia atau dengan kain bersih. Jangan gunakan selimut atau handuk karena dapat menempel pada luka.

  6. Segera bawa ke Rumah Sakit begitu pertolongan medis datang.

PENCEGAHAN DI RUMAH

  • Jauhkan alat-alat listrik ataupun stop kontak dari jangkauan anak-anak.

  • Selalu matikan alat-alat listrik bila sudah tidak digunakan.

  • Jauhkan alat-alat listrik dari tempat yang lembab atau basah

  • Lakukan pengecekan keamanan jaringan listrik berkala untuk menghindari arus pendek.

  • Selalu gunakan sendal sebagai “ground” atau menggunakan alat pelindung diri saat menggunakan alat-alat bertegangan listrik tinggi.

Apabila pertama kali melihat orang yang tersengat listrik, sebaiknya bersikap tenang namun tetap waspada. Lakukan langkah-langkah pertolongan pertama pada korban kesetrum di atas secara tepat.

Notes:
1. P3K ini disajikan untuk memberikan pengetahuan umum dalam menangani kecelakaan.
2.Pihak Melinda Hospital tidak menyarankan langkah-langkah ini dilakukan oleh orang yang tidak terlatih
3. Karena itu teliti dan bertanyalah kepada pihak yang ahli menangani dan terlatih secara medis.

4. Bagi yang ingin menyadur untuk terlebih dahulu hubungi [email protected]

Komentar Artikel Pertolongan Pertama Pada Korban Kesetrum/ Luka Bakar Elektrik
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI