KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Kamis 25 September 2014 13:14:09
by MelindaCare, via Artikel Penyakit

Apa itu Bipolar Disorder? Bipolar disorder tergolong gangguan jiwa berat. Sebab penderita mengalami perubahan suasana hati yang sangat ekstrem dalam beberapa siklus atau episode. Gangguan ini dapat muncul dalam hitungan tahun, bulan, minggu, atau jam.

Dalam perubahan mood tersebut, terdapat episode normal. Saat siklus mood normal, penderita dapat menjalani kehidupan dengan baik, dalam arti menyadari apa yang dilakukan. Penderita bipolar disorder memiliki ciri, terkadang mereka gembira berlebihan, penuh semangat, banyak ide dan impian, tidak bisa tenang. Namun, seketika mereka langsung mengalami perubahan mood, jadi sedih, murung, putus asa, mudah menangis, merasa tidak berguna, dan depresi.

Seseorang bisa mengidap bipolar disorder karena turunan atau faktor gen. Bila orang tua mengidap bipolar disorder, maka anak akan berisiko 50-75 persen. Selain itu, seseorang yang mengalami gangguan keseimbangan cairan kimia utama dalam otak pun dapat terancam penyakit ini.

Sudah tahu kan apa itu bipolar disorder? Untuk penanganannya, penderita bipolar disorder disarankan mengonsumsi obat secara berkelanjutan, hingga ada rekomendasi dari dokter. Jika penderita berhenti minum obat tanpa persetujuan dokter, kemungkinan besar akan kambuh lagi. Selain penggunaan obat, penderita juga sebaiknya menjalani terapi sosial-budaya dan lingkungan. Peran keluarga serta kerabat dekat sangat dibutuhkan penderita untuk menjalani hidup sehat dan normal.

Komentar Artikel Apa Itu Bipolar Disorder?
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI