KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Rabu 10 Juli 2013 12:56:09
by MelindaCare, via Artikel Olahraga

   Olahraga saat puasa tidak menjadi hambatan dan larangan untuk dapat dilakukan bukan? Sebagian orang berpikir, berat badan akan turun saat Ramadhan datang. Hal ini belum tentu benar, karena selama berpuasa bisa saja berat badan bertambah. Bisa saja penyebabnya karena makanan yang Anda konsumsi, serta kurangnya melakukan kegiatan olahraga selama Ramadhan.

Agar berat badan tetap ideal selama bualan Ramadahan, selain menjaga pola makan Anda juga harus melakukan beberapa gerakan olahraga. Berikut beberapa panduan olahraga saat puasa yang dapat dilakukan dengan baik, yaitu :

Memilih waktu yang tepat

Melakukan beberapa gerakan olahraga tentunya akan menguras tenaga dan mengurangi cairan dalam tubuh. Namun, selama berpuasa ada baiknya jika Anda melakukan olahraga beberapa jam sebelum berbuka, agar Anda tidak mengalami dehidrasi yang cukup lama.

Memilih olahraga ringan

Asupan energi selama puasa tentunya akan berkurang, sehingga akan terjadi penurunan metabolisme tubuh secara alami. Untuk itu, pilihlah olahraga ringan yang mampu Anda lakukan dengan baik. Misalnya, yoga, joging, bersepeda, atau melakukan peregangan tubuh. Olahraga-olahraga tersebut sangat dianjurkan dilakukan selama puasa.

Perhatikan kondisi tubuh

Meskipun telah melakukan olahraga secara rutin saat berpuasa, Anda juga harus memperhatikan kondisi tubuh. Lakukanlah olahraga saat puasa secara teratur, yaitu 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Berikanlah waktu agar tubuh Anda mendapatkan istirahat yang cukup selama bulan puasa.

Penuhi nutrisi tubuh

Melakukan olahraga saat berpuasa tentunya membutuhkan nutrisi yang cukup agar Anda tidak mudah lelah. Pastikan nutrisi Anda terpenuhi saat sahur dan berbuka, dengan mengkonsumsi karbohidrat yang berguna untuk memulihkan energi. Selain itu, konsumsilah air 8 gelas sehari agar tubuh terhindar dari dehidrasi.

   Nah, tidak ada alasan untuk tidak melakukan olahraga meski saat berpuasa bukan? Dengan mengikuti beberapa panduan olahraga saat puasa diatas, tentunya Anda akan merasakan manfaat yang baik. Semoga bermanfaat.

 

Komentar Artikel Panduan Olahraga Saat Puasa
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI