ANAK-ANDA
Demam Pada Anak? Harus Bagaimana?
Penyebab demam bisa berbagai macam ya Moms & Dads kenali siklusnya agar dapat menentukan penanganann yang tepat, diantaranya: Demam Septik ditandai dengan suhu berangsur meningkat ke tinggi, turun sampai ke normal, kemudian naik Kembali Demam Remiten ditandai suhu naik turun tiap hari tidak sampai ke suhu normal, fluktuasi > 1oC Demam Intermiten suhu tubuh turun menjadi normal dalam beberapa jam dalam 1 hari Demam Kontinu suhu tubuh terus tinggi dengan beda < 1oC Demam Siklik suhu tubuh naik selama beberapa hari kemudian diikuti periode bebas demam, kemudian demam kembali Kapan sih anak bisa dikatakan demam dok? Kenaikan suhu tubuh di atas normal, dengan pengukuran termometer Aksila / Armpit > 37.5 oC Mulut > 37.8oC Rektal (tidak dianjurkan) > 38oC Gendang telinga (tidak dianjurkan) > 38.2oC Demam tinggi : demam > 39oC Hiperpireksi bila > 41.1oC Sebenarnya apa yang terjadi pada tubuh saat demam terjadi? Demam menandakan adanya infeksi / peradangan yang harus diketahui penyebabnya Demam dapat terjadi ~3-5 hari tanpa gejala lain / disertai gejala lain Tergantung tipe demam, demam dapat sulit turun dengan obat penurun panas Moms and Dads harus waspada jika muncul tanda-tanda seperti dibawah ini, artinya sudah masuk ketahap bahaya : Demam tinggi ~ 40oC Demam 3 hari atau lebih Kejang Anak lemas, tangan kaki dingin Demam disertai menggigil Kesadaran menurun Perdarahan BAK berkurang Saat dirumah dan anak mendadak demam, apa yang harus dilakukan ya dok? TETAP TENANG! Pindahkan anak ke tempat yang nyaman Buka pakaian untuk mengurangi suhu tubuh Kompres dengan menggunakan air hangat (jika menggunakan air dingin akan menyebabkan tubuh anak menjadi mengigil karena penurunan suhu yang sangat derastis) Catat suhu tubuh secara berkala Segera bawa ke RS / IGD bila ada tanda bahaya Tips yang harus ada dirumah dan dibawa pada saat berpergian : Termometer yang BEKERJA DENGAN BAIK ^__^ Obat demam yang dianjurkan : paracetamol, ibuprofen Obat lain sesuai anjuran dokter (obat kejang, dll)
Jumat 27 November 2020 09:14:39
Perlukah Anak Memakai Masker?
Perlukah anak memakai masker? Virus masuk melalui mukosa (bagian tubuh yang terbuka : rongga mulut, hidung, mata, luka) Droplet (saat batuk, bersin) Kontak tidak langsung Permukaan / benda yang terkontaminasi (yang sering dipegang!) Virus covid-19 diidentifikasi berada di : Sekret hidung (ingus) Sekret mulut (ludah) Tinja dan Air seni ? Belum pasti, laporan virus diisolasi di toilet
Kamis 24 September 2020 12:09:49
Anak Mengalami Kegagalan? Lakukan Hal Ini Yuk!
Anak yang tangguh adalah anak yang mampu mengelola diri dan perilakunya, sehingga berdaya dalam menghadapi berbagai kondisi dan situasi yang terjadi di sekitar termasuk kegagalan.
Senin 26 Maret 2018 10:36:38
Dampak Positif Kegagalan pada Anak
Dampak positif kegagalan? Memangnya ada? hampir semua orang menganggap kegagalan adalah hal yang negatif dan berdampak negatif juga.
Jumat 23 Maret 2018 12:09:14
Mengatasi Anak Kecanduan Gadget? Ini Caranya!
Mengatasi anak kecanduan gadget bisa dikatakan tidak mudah. Mungkin Anda akan mendengar tangisan, teriakan, dan anak yang marah akibat Anda membatasi penggunaan gadget atau bahkan menyita gadgetnya. Namun semua ini harus Anda lakukan demi kebaikan sang buah hati agar tidak kecanduan gadget.
Selasa 20 Maret 2018 10:35:35
Ciri Anak Kecanduan Gadget
Ciri anak kecanduan gadget bisa dengan mudah Anda temukan. Sudah menjadi rahasia umum jika anak bisa mengalami kecanduan gadget. Bukan hanya anak, orang dewasa pun ada yang mengalami kecanduan gadget.
Selasa 20 Maret 2018 10:33:16
Gadget dan Anak, Ini Cara Memperkenalkannya!
Gadget dan anak, jaman sekarang sepertinya sangat sulit untuk dipisahkan. Tidak sedikit bahkan anak-anak yang mulai ketergantungan pada gadget. Padahal jika sudah memasuki tahapan ini bisa berbahaya bagi tumbuh kembangnya termasuk psikologinya.
Selasa 20 Maret 2018 10:34:55
Gadget Untuk Anak dan Dampak Negatifnya
Gadget untuk anak sekarang ini sepertinya sudah menjadi hal yang normal. Tidak sedikit anak kecil bahkan balita yang sudah pandai memainkan gadget. Baik itu untuk bermain game atau menonton video.
Jumat 16 Maret 2018 08:30:53
Kembangkan Bakat Anak Melalui MelindaFest
Kembangkan bakat anak melalui MelindaFest? Apa itu MelindaFest? Dan apa hubungannya dengan perkembangan bakat anak?
Rabu 31 Januari 2018 11:00:07
Mengapa Anak Tidak Mau Pakai Baju Ya?
Mengapa anak tidak mau pakai baju ya? Apakah Anda pernah atau bahkan sedang mengalami momen di mana si kecil tidak mau pakai baju dan malah berlarian kesana-kemari?
Selasa 30 Januari 2018 15:26:53
Atasi Anak Picky Eater Dengan Resep Makanan Ini Yuk!
Atasi anak picky eater salah satunya dengan membuat resep makanan yang menarik. Jika anak tidak mau makan salah satu penyebabnya mungkin karena dia bosan dengan menu makanan yang Anda sajikan.
Jumat 12 Januari 2018 16:07:12
Manfaat Balet Bagi Anak
Manfaat balet bagi anak ternyata sangat banyak loh! Balet, sebuah tarian yang berasal dari Eropa yang menggabungkan berbagai aspek seperti gerakan tarian balet, mime, akting, dan juga nyanyian atau musik orkestra.
Selasa 09 Januari 2018 10:39:01
Menerapkan Disiplin Pada Anak? Ini Triknya!
Menerapkan disiplin pada anak? Sejumlah tips untuk orangtua agar dapat membedakan efektifitas antara menegakan disiplin dengan hadiah dan hukuman dengan menegakan disiplin dengan cara memberikan dukungan pada anak dapat dilihat dalam ilustrasi di bawah ini:
Senin 18 Desember 2017 15:33:47
Jenis-jenis Displin Pada Anak
Jenis displin pada anak ternyata terbagi menjadi dua macam. Displin negatif dan juga postif. Lalu seperti apa bentuk atau contoh dari kedua disiplin ini?
Senin 18 Desember 2017 15:28:50
Mengatasi Anak Tantrum, Ini Triknya!
Mengatasi anak tantrum memang tidak mudah! Namun ada triknya loh. Pernahkah Anda melihat di tempat umum, entah itu mall atau area publik lainnya, kejadian anak yang masih balita guling-guling di lantai karena bersikeras agar ibunya mengikuti kemauannya?
Senin 18 Desember 2017 15:27:37
Jenis Kekerasan Pada Anak
Jenis kekerasan pada anak menurut Psychology Today (2002) Child Abuse tidak hanya meliputi kekerasan, tetapi juga penelantaran diri pada anak (neglect) oleh orangtua.
Jumat 15 Desember 2017 13:39:59