PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Melinda Hospital
424,974

 

   Alergi pada anak merupakan penyakit keturunan yang sebagian orangtua mungkin tidak menyadarinya. Seperti apa yang diungkapkan, dr. Stanza Uga Prayoga, SpA pada Talkshow “Kenali Alergi Lebih Dekat, Pelajari Solusi yang Tepat” Sabtu (25/5) bertempat di Ballroom Graha Utama Arion Swiss-Belhotel Bandung.

“Alergi merupakan penyakit keturunan. Apabila kedua orangtua memiliki alergi, maka resiko anak terkena alergi sebesar 40-50%. Sedangkan bagi orangtua yang tidak memiliki riwayat alergi, resiko anak terkena alergi pun tetap ada, yaitu sekitar 5%,” jelas dr. Stanza.

Talkshow persembahan Nutrilon bersama dengan Melinda Hospital ini tentunya membantu para orangtua kenali alergi pada anak lebih dalam. Sebagian orangtua mungkin tidak menyadari jika anaknya mengalami alergi. Gejala seperti bersin-bersin, biduran, dan sakit perut dianggap sebagai penyakit biasa.

Ketika orangtua tidak menyadari anaknya memiliki alergi dan salah menginformasikan ke dokter saat melakukan pemeriksaan, maka bisa berakibat fatal. Misalnya saja, anak mengeluhkan sakit perut dan saat diperiksa, dokter mendiagnosis terkena disentri. Padahal sebenarnya sakit perut tersebut dipicu alergi di mana orangtua tidak menyadari anak terkena alergi begitu pun dokter yang tidak diberitahu riwayat alergi pasien.

Pemeriksaan alergi perlu dilakukan ketika Anda mencurigai anak terkena alergi atau sekedar mengetahui riwayat kesehatan anak. Selain menjalani pemeriksaan, Anda pun bisa melakukan hal-hal kecil namun bermanfaat besar bagi kesehatan anak. Misalnya, membuat buku jurnal mengenai apa yang dikonsumsi anak, apa yang dipegang dan gejala-gejala alergi.

Seperti apa yang dijalani Wina, salah satu peserta talkshow. “Membuat buku jurnal dan membuat anak menghindari makanan yang bisa memicu gejala alergi sudah pernah dan sedang saya jalani,” ungkap ibu yang anaknya mengalami alergi laktosa. “Saya juga baru mengetahui ada tes alergi yang bisa dilakukan dan berharap acara seperti ini bisa diselenggarakan di kota-kota lainnya karena benar- benar menambah wawasan orangtua,” lanjut Wina yang memang sengaja datang dari Ciamis untuk menghadiri AllergyTalks.

   Riwayat medis penting dimiliki setiap keluarga. Selain mengetahui penyakit yang bisa diderita juga melakukan pencegahan sedini mungkin, salah satunya alergi pada anak. Jalani pola hidup sehat dan ajarkan sedari dini pada anak juga keluarga agar kesehatan selalu terjaga.

EVENT TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI