PENCARIAN ARTIKEL
CARI

      Setelah Flu Burung, kini pemerintah sibuk mengantisipasi Flu Babi, dan sekarang terdapat satu penyakit lagi yang juga berasal dari hewan, yaitu Flu Kuda. Virus Flu Kuda atau Flu Equine yang menyebar dari kuda ini kurang berbahaya bagi manusia, namun menyebabkan kesulitan bernapas, pusing serta kematian pada kuda-kuda.

      Penyebaran virus Flu Kuda pertama kali terjadi pada 1956, dan pernah menyerang kuda-kuda di Australia tahun 2007. Sekarang virus ini mulai menyerang India sehingga menyebabkan 43 kuda tewas. Di Indonesia sendiri, pernah dilakukan karantina kuda untuk mencegah penyebaran Flu Kuda pada tahun 2007.

      Menteri Pertanian Australia, Peter McGauran telah memerintahkan penyelidikan atas penyebaran virus ini, dan hasilnya hampir dipastikan berasal dari Jepang. Flu Equine disebabkan oleh virus Influansa A yang endemik pada kuda. Kuda yang terjangkit virus ini akan mengalami kejang-kejang, demam, serta mengeluarkan lendir pada hidungnya.

      Dua jenis virus yang memiliki peran utama dalam penyebaran virus ini adalah equine-1 (H7N&) yang menyerang otot hati dan equine-2 (H3N8) yang lebih ganas menyerang sistem tubuh. Virus ini bisa berpindah ke jenis hewan lain dan menular pada manusia.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI