KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Rabu 28 Agustus 2019 09:50:49
by MelindaCare, via Artikel Penyakit

      Waspadalah terhadap penyakit demam berdarah dengue (DBD), terutama di musim hujan dan biasanya bulan November dan Desember ialah puncaknya. Setiap tahunnya, infeksi virus dengue terus mengalami peningkatan prevalensi dan diperkirakan terdapat 50 juta - 100 juta kasus demam dengue dan lebih dari 500.000 kasus demam berdarah dengue di dunia.

      Data di Indonesia bahkan menunjukkan angka kejadian DBD di Indonesia mencapai lebih dari 50 kasus per 100.000 penduduk. Dan angka kematiannya sekitar 1-2 persen sehingga menunjukkan semakin meningkatnya kasus DBD dari waktu ke waktu. Penyakit DBD ini tampaknya akan selalu ada di Indonesia karena jumlah penderitanya yang semakin meningkat dari tahun ke tahun.

      Selama ini gerakan-gerakan pemberantasan memang belum melibatkan masyarakat secara luas. Sebagian besar gerakan ini hanya dilakukan oleh pemerintah sehingga masyarakat kurang berperan aktif. Oleh karena itu dibutuhkan pengkaderan di kalangan masyarakat agar terdapat motor penggerak yang berasal dari masyarakat sendiri, misalnya mencari kader sehat dari kalangan ibu pengurus RT, RW atau tingkat kelurahan.

      Tidak hanya itu, dalam memberantas penyakit demam berdarah dapat diantisipasi dengan cara Pengendalian Sarang Nyamuk (PSN) yang dikenal dengan nama 3M, yaitu menguras bak mandi, menutup tempat penampungan air rumah tangga yang biasanya dijadikan sebagai tempat berkembangbiaknya nyamuk, serta mengubur, menyingkirkan atau memusnahkan barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai. Kemudian dapat juga dengan menggunakan insektisida yang membunuh larva nyamuk seperti abate, setidaknya dapat mencegah perkembangbiakan nyamuk selama beberapa minggu dan penggunaannya harus diulang setiap periode waktu tertentu.

Komentar Artikel Musim Hujan, Awas Penyakit Demam Berdarah
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI