KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Senin 17 September 2018 13:37:45
by MelindaCare, via Artikel Olahraga

Manfaat yoga hamil ternyata cukup banyak loh. Kehamilan merupakan masa-masa indah yang dijalani oleh seorang wanita. Meski demikian, beberapa masalah seperti kelelahan, mual, muntah, sampai depresi karena krisis percaya diri sering dihadapi oleh wanita yang hamil. Jika Anda juga mengalami hal tersebut, Anda tidak perlu berputus asa. Banyak cara untuk mengatasi berbagai keluhan semasa hamil. Salah satunya dengan melakukan yoga hamil.

Gerakan yoga adalah seni olah tubuh dan pernapasan dari India. Bagi wanita hamil, gerakan ini bukan hanya bermanfaat untuk kesegaran jasmani dan rohani, tapi juga memperlancar proses persalinan kelak. Dengan yoga, wanita hamil terbantu untuk merasa santai, mempunyai self control yang tinggi dan tampil lebih percaya diri. Jadi, seluruh sistem yoga, tanpa kecuali, diharapkan dapat mempengaruhi keseimbangan mental, emosional, intelektual, dan fisik manusia.

Walaupun banyak manfaat yang dapat diperoleh dari yoga, wanita yang sedang hamil tetap harus berhati-hati dalam melakukan gerakan yoga. Banyak calon ibu mengaku, yoga membantu mengurangi sakit punggung dan kaki, otot yang kram atau nyeri, dan bengkak akibat penumpukan cairan. Jadi, mengapa Anda tidak mencobanya ?

Inilah bentuk latihan oleh tubuh yang sangat baik bagi wanita hamil. Yoga melatih otot-otot tubuh disertai oleh napas. Melalui gerak tubuh yang disertai teknik pengaturan napas dan pemusatan konsentrasi, fisik Anda akan lebih sehat, bugar dan kuat. Emosi Anda pun akan lebih seimbang.

  • Duduk bersila. Letakkan kedua tangan di sisi badan dengan siku lurus. Angkat kedua tangan dari samping ke arah kepala sambil menarik napas sampai kedua jari-jari tangan bertemu. Turunkan tangan ke depan sambil menghembuskan napas. Manfaat latihan ini adalah: melatih kekuatan otot lengan, melenturkan sendi pundak, serta menenangkan perasaan. Menimbulkan perasaan ‘membumi dan terpusat’.

  • Merangkak dengan kedua siku tangan lurus, pandangan ke depan dan punggung rata. Tarik napas, lengkungkan punggung. Hembuskan napas sambil mengembalikan punggung ke posisi semula. Manfaat latihan: Melepaskan ketegangan, menguatkan rahim, meringankan beban perut dan menghilangkan pegal-pegal tubuh.

  • Berbaring, kedua kaki menempel di dinding dan kedua tangan di samping badan dengan telapak tangan terbuka. Tarik napas, angkat panggul dari lantai. Hembuskan napas sambil menurunkan kembali kedua kaki. Manfaat latihan: Mencegah varises di kaki, menghilangkan kelelahan kaki akibat pertambahan berat badan selama hamil, serta relaksasi tubuh dan jiwa.

Jika Anda merasakan adanya ketidaknyamanan, langsung hentikan latihan ini. Mungkin Anda perlu beradaptasi dengan setiap gerakan terhadap perubahan fisik tubuh Anda. Akan lebih baik lagi jika Anda mengikuti kelas yoga hamil yang biasanya diadakan oleh rumah sakit bersalin tertentu agar mendapatkan manfaat yoga hamil secara maksimal.

Komentar Artikel Manfaat Yoga Hamil
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI