KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Senin 19 Agustus 2019 13:52:16
by MelindaCare, via Artikel Lain-lain

Visualisasi adalah sebuah kemampuan umum yang kita gunakan hampir setiap saat untuk mencapai dan melakukan apapun. Awalnya yaitu dengan cara kita “memandang” diri kita melakukannya. Jadi visualisasi bukanlah sesuatu yang aneh atau sulit untuk dilakukan, tetapi sesuatu yang kita lakukan secara konstan agar dapat tetap bertahan dalam hidup di dunia ini.     

Hal yang penting harus disadari adalah bahwa manusia seperti peluru kendali. Kita bergerak dalam arah yang telah ditentukan oleh pikiran dan bayangan kita. Kita bergerak maju seperti yang digambarkan dalam pikiran kita, terutama gambaran yang jelas dengan perasaan yang kuat tentang apa yang akan kita lakukan. Kapanpun kita memvisualisasikan sebuah gambaran yang jelas dalam diri kita dengan perasaan yang kuat, hal itu akan berpengaruh pada tubuh kita.

Lalu, bagaimana kekuatan visualisasi dapat bekerja saat kita berolahraga? Dalam sebuah penelitian, visualisasi dapat meningkatkan performa seseorang dalam berolahraga dari 10-50%. Mengapa demikian? Itu karena visualisasi memiliki efek psikologis terhadap tubuh. Ketika Anda memvisualisasikan sedang melakukan gerakan, permainan atau apapun terutama dalam berolahraga, maka otot-otot tertentu dalam tubuh Anda akan merespon terhadap gerakan yang terdapat dalam pikiran dan bayangan kita.

Faktanya, secara neurology tubuh manusia tidak dapat membedakan antara pengalaman yang sebenarnya dengan pengalaman yang hanya dibayangkan dalam pikiran kita. Secara sadar, kita tahu suatu pengalaman yang sebenarnya atau hanya dalam pikiran saja. Tetapi dalam tingkat selular, tubuh Anda tidak akan tahu perbedaan tersebut. Karena otot-otot dalam tubuh akan merespon terhadap visualisasi aktivitas yang akan Anda lakukan, maka itu akan memungkinkan Anda memprogram apapun yang ingin Anda lakukan dengan tubuh Anda. Misalkan Anda mempunyai niat untuk jogging dengan target 2 km. Anda membayangkan tubuh Anda berlari-lari sejauh 2 km, lalu Anda melakukannya secara nyata, hasilnya Anda akan mampu berlari sejauh 2 km.

Yang menjadi masalah adalah banyak orang yang menggunakan visualisasi secara negatif sehingga mereka membayangkan hal buruk akan terjadi, tetapi mereka berharap hal itu tidak terjadi. Jadi, sebaiknya Anda berhati-hati dengan apa yang Anda gambarkan dalam pikiran Anda dengan perasaan yang kuat, karena Anda bisa saja “tertarik” ke arah tersebut.

Visualisasi dapat dilakukan tidak hanya pada bidang olah raga saja. Dalam bidang seni, pekerjaan kantor atau hal lainnya dalam hidup, visualisasi yang baik akan sangat berguna. Maka mulailah visualisasikan tujuan Anda dalam berolahraga, visualisasikan gerakan-gerakan yang akan anda lakukan lalu lakukanlah semuanya dengan nyata, maka Anda akan mengerti mengapa atlet-atlet hebat bisa berprestasi.

Komentar Artikel Kekuatan Visualisasi untuk Meningkatkan Performa
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI