KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Selasa 06 Agustus 2019 10:50:17
by MelindaCare, via Artikel Olahraga

Anda mungkin sering melihat orang-orang berolahraga sambil mendengarkan musik. Ya, musik memang sudah tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari, salah satunya dalam berolahraga. Kebanyakan alasan berolahraga sambil mendengarkan musik adalah dapat membuat mereka lebih bersemangat, padahal terdapat berbagai manfaat lain yang diperoleh saat berolahraga sambil mendengarkan musik, di antaranya:

  1. Mengalihkan perhatian

Musik dapat mengalihkan perhatian Anda dari rasa nyeri dan kelelahan. Dampaknya, saat berolahraga Anda akan kurang menyadari pengerahan tenaga dan rasa sakit yang dialami saat bergerak. Pengalihan seperti ini dapat meningkatkan ketahanan saat berolahraga sehingga Anda dapat berlari lebih cepat, melompat lebih tinggi dan bersepeda lebih jauh.

  1. Meningkatkan Usaha

Pemilihan jenis musik ternyata berpengaruh terhadap usaha seseorang saat berolahraga. Mendengarkan musik-musik bertempo cepat membuat usaha lebih keras dibandingkan mendengarkan musik-musik bertempo lambat karena dapat meningkatkan denyut jantung sehingga memperlancar aliran darah ke otak, otot dan sendi. Tetapi jangan pilih musik yang memiliki tempo terlalu cepat. Pilihlah musik yang memiliki 120-140 bpm (ketukan per menit) agar olahraga Anda maksimal.

  1. Memacu gerak

Musik-musik yang bertempo cepat dapat membuat otak lebih bersemangat. Dengan demikian, saat berolahraga Anda akan terpacu untuk terus bergerak sehingga akan lebih banyak kalori yang terbakar.

  1. Mengubah suasana hati

Orang sering mendengarkan musik sebagai cara untuk mengubah suasana hati. Tidak peduli apa yang terjadi beberapa saat yang lalu, dengan musik, Anda dapat melepaskan diri dari hal-hal negatif sehingga memberikan Anda kekuatan lebih saat sedang berolahraga.

  1. Meningkatkan kemampuan koordinasi

Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yang duduk diam sambil mendengarkan musik favorit, kemampuan koordinasinya dapat meningkat. Hal tersebut juga semakin berguna saat Anda sedang berolahraga. Dengan koordinasi tubuh yang baik, Anda akan mendapatkan performa terbaik dan mencegah cedera saat berolahraga.

Nah, kini Anda dapat menyusun playlist lagu di telepon genggam atau pemutar musik apa pun yang Anda miliki. Sebaiknya pilih lagu yang bertempo cepat dan riang agar Anda semakin bersemangat olahraga. Selain pemilihan musik, Anda juga harus menentukan tipe headset yang digunakan. Headset wireless dengan koneksi bluetooth akan membebaskan Anda dari kabel menjuntai yang dapat mengganggu gerakan saat berolahraga. Gunakan juga jenis sports earphone agar lebih nyaman dan kokoh saat terpasang di telinga.

Namun demikian, olahraga sambil mendengarkan musik juga harus memperhatikan lokasinya. Olahraga seperti jogging atau bersepeda di jalan raya sebaiknya tidak dilakukan sambil mendengarkan musik. Sebab, Anda tidak akan peka terhadap dunia sekitar, seperti mobil atau motor yang berseliweran. Jadi mendengarkan musik saat olahraga boleh-boleh saja, tapi tetap sesuaikan dengan jenis olahraga yang dilakukan dan tempat Anda melakukannya ya.

Komentar Artikel Olahraga Sambil Mendengarkan Musik? Mengapa Tidak?
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI