KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Rabu 17 Juli 2019 11:09:29
by MelindaCare, via Artikel Olahraga

Peregangan atau stretching adalah melakukan gerakan-gerakan yang bertujuan melenturkan atau melemaskan kembali bagian-bagian tubuh yang kaku. Peregangan menjadi sesuatu yang wajib dikerjakan karena didapati banyak pekerja yang bekerja dengan gerakan statis, terlalu lama duduk dan posisi bekerja tidak ergonomis, terutama pekerja kantoran.

Bekerja dengan posisi kerja dan cara kerja yang tidak ergonomis dapat menimbulkan penyakit yang berhubungan dengan otot dan tulang rangka. Terlalu lama duduk di depan layar komputer juga dapat menimbulkan rasa nyeri terutama pada leher dan punggung akibat kekakuan pada otot-otot tubuh. Untuk melenturkan kembali otot tubuh, maka diperlukan peregangan agar tetap bugar selama beraktivitas di kantor.

Gerakan peregangan yang bisa Anda lakukan dalam posisi duduk di sela waktu kerja antara lain:

  • Jalin jari-jari Anda dan angkat ke atas, setinggi yang Anda bisa. Jaga agar telapak tangan menghadap ke langit-langit. Tahan selama beberapa detik.
  • Putar kepala Anda ke kanan dan lihat ke belakang. Tahan selama beberapa detik kemudian ulangi gerakan yang sama di sebelah kiri.
  • Angkat kedua bahu anda, tahan selama beberapa detik kemudian lepaskan. Ulangi beberapa kali.
  • Duduk tegak, jatuhkan telinga kiri ke bawah ke bahu Anda tapi jangan menyentuhnya. Tahan selama beberapa detik dan ulangi untuk yang kanan.
  • Dengan lutut ditekuk, angkat kaki kiri Anda dan pegang dengan tangan Anda. Tarik dekat ke dada Anda, tahan selama beberapa detik lalu lepaskan. Ulangi untuk kaki kanan.

Peregangan diperlukan di samping perubahan perilaku kerja yang salah dalam bekerja, seperti posisi tubuh yang membungkuk saat menggunakan komputer, pandangan tidak lurus menghadap layar computer dan sikap tubuh yang miring.

Lakukan pencegahan sedini mungkin dengan melakukan gerakan-gerakan peregangan yang dapat melemaskan dan melenturkan otot-otot yang kaku tersebut. Hal tersebut berguna untuk menghindari terjadinya gangguan musculoskeletal, yaitu gangguan otot yang disebabkan oleh kesalahan postur dalam melakukan suatu aktivitas kerja. Selamat mencoba.

Komentar Artikel Lakukan Peregangan Di Sela Waktu Kerja
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI