KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Selasa 16 Juli 2019 09:01:54
by MelindaCare, via Artikel Olahraga

Mencegah lebih baik daripada mengobati, atau sehat itu mahal, Anda pasti sering mendengar hal-hal tersebut. Sebetulnya sehat itu tidak mahal, asalkan Anda tahu bagaimana menerapkan gaya hidup sehat.

Gaya hidup sehat adalah komitmen jangka panjang dengan manfaat kesehatan yang menyeluruh bagi tubuh dan kehidupan Anda. Dengan meningkatnya kesehatan tubuh, maka mental dan emosional akan turut meningkatkan kualitas hidup Anda serta membawa pengaruh positif bagi orang-orang di sekitar Anda.                       

Namun perlu diperhatikan, menerapkan gaya hidup sehat perlu disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas fisik, kondisi kesehatan, bahkan kebiasaan makan Anda. Hasilnya pun akan bervariasi, karena Anda tidak bisa menjalankan atau mengharapkan hasil perubahan gaya hidup yang sama dengan seseorang yang kondisi tubuh atau kesehatannya berbeda dengan Anda.

Berikut ini adalah beberapa cara memulai gaya hidup sehat yang dapat langsung Anda terapkan dan jadikan rutinitas baru:

Mengetahui Status Kesehatan Tubuh

Lakukan pemeriksaan tahunan yang mungkin belum pernah atau jarang sekali Anda lakukan sambil mengecek indeks massa tubuh (IMT) dan ukuran lingkar pinggang Anda untuk mengetahui apakah terdapat faktor risiko penyakit, seperti obesitas. Periksa juga daftar vaksinasi yang wajib didapatkan karena beberapa jenis vaksinasi diberikan sebanyak lebih dari satu kali dengan jadwal khusus. 

Kenali juga tingkat aktivitas fisik Anda, misalnya berapa banyak aktivitas yang dilakukan dalam seminggu dan seperti apa intensitasnya agar Anda bisa menentukan langkah selanjutnya dari perubahan gaya hidup sehat yang sesuai untuk dilakukan. Diskusikanlah dengan dokter mengenai jenis aktivitas maupun pola makan yang dianjurkan bagi kondisi Anda.

Membenahi Pola Makan

Mulailah membuat catatan harian berisi daftar semua makanan yang Anda konsumsi setiap hari, termasuk cemilan-cemilan yang Anda konsumsi, untuk mengetahui apa saja yang perlu diubah dari pola makan yang lama. Anda tidak bisa beralih ke gaya hidup sehat jika tidak tahu apa saja kebiasaan lama yang perlu dihilangkan atau dipertahankan. Diskusikanlah bersama dokter dan seorang ahli gizi mengenai jenis, jumlah asupan makanan atau tips pola makan lain yang Anda butuhkan.

Memperbanyak Aktivitas Fisik

Sisihkan minimal 2,5 jam per minggu untuk melakukan aktivitas aerobik seperti berjalan dan berlari dengan intensitas sedang. Atau Anda bisa menyisihkan 1,5 jam dalam seminggu untuk melakukan aktivitas aerobik intensitas tinggi ditambah aktivitas penguatan otot, seperti push-up dan sit-up, setidaknya dua hari dalam seminggu. Buatlah kalendar aktivitas fisik dan target mingguan yang fleksibel, realistis dan menyenangkan.

Mengelola Stres

Selain fisik, menjaga kesehatan mental juga termasuk ke dalam gaya hidup sehat. Selipkan aktivitas seperti yoga dan meditasi untuk mengatasi stres. Tentukan cara atau aktivitas yang bisa Anda lakukan ketika stres dan emosi menyerang. Latihan pernapasan tidak hanya mengingatkan Anda untuk bersyukur namun juga mengevaluasi ulang perspektif dan keputusan yang perlu diambil. Ingatlah hal-hal positif yang terjadi dalam hidup dan Anda akan menyadari betapa banyaknya hal berharga yang sudah Anda capai atau miliki.

Memperbaiki Waktu Tidur

Buatlah jadwal tidur yang tetap dan usahakan gadget, komputer atau televisi Anda sudah mati setidaknya dua jam sebelum waktu tidur yang telah dijadwalkan. Anda bisa mandi air hangat dan minum secangkir teh untuk membuat badan dan pikiran menjadi rileks, sehingga membantu Anda lekas tidur. Jangan anggap remeh gangguan tidur, segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai, jika tidur Anda bermasalah. Hindari juga melakukan olahraga berat sebelum tidur.

Meningkatkan Interaksi Sosial

Perubahan menuju gaya hidup sehat bukan sekadar diet dan olahraga saja, interaksi sosial dengan orang di sekitar Anda juga turut berkontribusi pada kesehatan mental dan emosi Anda. Anda tidak perlu harus menyamakan semua aspek kehidupan Anda dengan tetangga atau teman Anda, tapi Anda tetap perlu meluangkan waktu untuk bersosialisasi, baik itu secara virtual maupun bertatap muka.

Anda perlu menyadari bahwa dengan menjadikan gaya hidup sehat sebagai kebiasaan yang baru, risiko terserang berbagai jenis penyakit pun akan ikut berkurang. Penampilan fisik bertambah baik, kesehatan mental terjaga dan energi Anda meningkat. Gaya hidup sehat juga memperbesar kesempatan Anda untuk hidup lebih panjang. Jadi, jangan menunda-nunda untuk mengubah pola hidup lama Anda ke gaya hidup sehat.

 

Komentar Artikel Memulai Gaya Hidup Sehat
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI