KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Selasa 15 Mei 2018 10:44:25
by MelindaCare, via Artikel Nutrisi

Manfaat puasa bagi kesehatan? Ternyata sangat banyak loh.

Bulan Ramadhan sebentar lagi tiba, dimana selama bulan ini orang berpuasa sejak subuh saat matahari terbit di ufuk timur sampai tenggelam di ufuk barat. Puasa Ramadhan ini tidak makan dan minum selama lebih dari 12 jam dan biasanya diikuti oleh mereka yang telah berusia akil balig atau lebih. Mereka yang tua dan rapuh, ibu hamil dan ibu menyusui tidak diwajibkan berpuasa. Dalam tulisan ini akan dibahas mengenai apa yang terjadi dengan tubuh manusia selama berpuasa, efek kesehatan puasa, dan nutrisi, serta olah-raga yang baik selama berpuasa.

Pada saat berpuasa maka tubuh akan berada dalam kondisi puasa sekitar 8 jam setelah makan terakhir, setelah usus selesai menyerap zat gizi dari makanan.  Dalam kondisi normal, glukosa tubuh yang tersimpan di hati dan otot adalah sumber energi tubuh manusia. Selama puasa, cadangan glukosa ini dipakai terlebih dahulu. Setelah cadangan glukosa habis, cadangan lemak tubuh mulai dimobilisasi sebagai sumber energi tubuh. Hal ini penting untuk mencegah pemecahan otot menjadi protein untuk digunakan sebagai sumber energi.

Penggunaan lemak sebagai sumber energi ini membantu proses penurunan berat badan, menurunkan kadar cholesterol. Selain itu, penurunan berat badan dapat membantu memperbaiki kadar gula darah penderita diabetes dan menurunkan tekanan darah. Setelah beberapa hari berpuasa, kadar endorphin tubuh meningkat, menyebabkan peningkatan kewaspadaan dan memberi rasa kesehatan mental yang lebih baik.

Selama berpuasa, sangat penting untuk memperhatikan keseimbangan asupan makanan dan minuman. Ginjal sangat efisien dalam menjaga cairan dan elektrolit didalam tubuh. Keringat yang berlebihan dapat mengakibatkan kehilangan cairan dan elektrolit tubuh.

Untuk mencegah pemecahan otot , makanan harus cukup mengandung energi seperti dari karbohidrat dan lemak tertentu. Pendekatan pola makan selama Ramadhan sebenarnya sama seperti makan sehat sehari-hari.

 

Efek Puasa pada berbagai organ tubuh

  • Kerongkongan : tidak ada perubahan
  • Lambung : produksi asam lambung berkurang saat puasa
  • Limpa : tidak ada perubahan
  • Hati : cadangan energi tubuh ini melepaskan glukosa (gula darah) dari glikogen hati selama berpuasa
  • Kantung empedu : mengkonsentrasikan empedu untuk makanan selanjutnya
  • Pankreas (kelenjar ludah perut) : biasa nya menghasilkan insulin. Selama puasa produksi insulin dihentikan dan dikeluarkan hormone glucagon untuk membantu pelepasan cadangan glukosa dari otot dan hati. Terjadi pula penurunan produksi liur pencernaan
  • Usus halus : terjadi pengurangan produksi getah pencernaan dan gerakan seluruh usus halus terjadi tiap 4 jam sekali
  • Usus besar : disinilah tempat penyerapan air terbesar kedua setelah ginjal pentingnya dalam pengaturan cairaan tubuh

Semoga informasi seputar manfaat puasa bagi kesehatan ini bisa menambah wawasan Anda.

 

Oleh : dr. Johanes Chandrawinata, MND, Sp.GK

(dokter spesialis gizi Melinda Hospital Group)

 

Komentar Artikel Manfaat Puasa Bagi Kesehatan
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI