KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Selasa 03 April 2018 14:23:53
by MelindaCare, via Artikel Penyakit

Penyebab stroke perdarahan ini perlu Anda waspadai. Mengingat stroke sekarang ini bisa menyerang siapa saja dan di mana saja. Tidak melihat umur, bukan hanya orang lanjut usia, tetapi anak muda pun sekarang ini bisa mengalami stroke.

Epidemiologi

Insidensi ICH spontan di seluruh dunia adalah 10-20/100000 orang pertahun. Perdarahan supratentiroal spontan terdapat pada 20/100000 orang tiap tahun dengan 40 % kematian. Pasien dibawah umur 45 tahun lebih cenderung memiliki lesi vaskuler sebelumnya.

Spontan ICH meliputi 10-15 % dari keseluruhan kasus stroke. Memiliki tingkat mortalitas tertinggi pada kasus stroke dengan hanya 38 % pasien bertahan pada tahun pertama. Insidensi meningkat pada usia lanjut

 

Faktor Penyebab Stroke Perdarahan

Hipertensi

Merupakan faktor resiko tunggal tersering untuk stroke dengan perdarahan. Resiko ini meningkat pada pasien yang tidak berespon terhadap terapi farmakologis, berusia dibawah 55 tahun dan perokok. 90 % pasien ICH spontan yang rekuren memiliki hipertensi.

Alkohol

Alkohol berefek pada kerusakan struktur dinding vaskuler dan perubahan profil koagulasi, sehingga dengan sendirinya pembuluh darah akan lebih mudah pecah.

Lemak darah

Kadar lemak darah yang tinggi juga merupakan salah satu faktor walaupun bukan faktor yang tersering dalam menyebabkan terjadinya stroke, dimana akan meningkat resikonya bila ditemukan bersama dengan hipertensi.

KELAINAN ANATOMI

Kelainan anatomi dari pembuluh darah di otak juga merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya stroke perdarahan

DIAGNOSIS KLINIS

Pasien biasanya datang dengan keadaan yang akut, nyeri kepala hebat sampai sudah dalam keadaan tidak sadar, kadang juga ditemukan riwayat adanya penyakit hipertensi pada pasien. Berdasarkan waktu kejadian, biasanya pasien ditemukan dalam keadaan tidak sadar terutama pada pagi hari setelah bangun tidur atau setelah melakukan aktifitas yang menaikkan tekanan darah misalnya mengedan, batuk-batuk yang lama. Semua gejala klinis yang ditemukan biasanya berhubungan dengan letak perdarahan itu sendiri didalam otak.

Stroke sebenarnya bisa dicegah, caranya dengan menjalani gaya hidup sehat dan rutin melakukan Medical Check Up. Bukan hanya stroke, namun dengan cara-cara tersebut, Anda bisa terhindari dari berbagai penyakit lainnya.

 

Oleh : Bilzardy Ferry Z , dr.,Sp.BS.,MKes

RS Umum MELINDA 2

Komentar Artikel Penyebab Stroke Perdarahan yang Perlu Diwaspadai
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI