KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Jumat 23 Maret 2018 12:09:14
by MelindaCare, via Artikel Anak Anda

Dampak positif kegagalan? Memangnya ada? hampir semua orang menganggap kegagalan adalah hal yang negatif dan berdampak negatif juga. Padahal jika Anda bisa berpikir positif, hal seperti kegagalan bisa berubah menjadi positif dan bahkan mampu membangkitkan semangat kembali.

Gagal ? Tidak jarang kata ini membuat kita ketakutan dan berusaha dengan segala upaya untuk menghindarinya. Namun apakah “GAGAL” selalu buruk dan menakutkan ?

Mari sejenak kita bayangkan, seorang anak menjelang usia 1 tahun, sedang lucu-lucunya belajar berdiri dan berjalan. Ia jatuh, bangun dan bangkit lagi. Bisa jadi ada yang jatuh, lecet lututnya dan menangis. Bagaimana jika saat belajar berjalan, jatuh dan ia tidak mau mencoba lagi atau dilarang mencoba lagi. Apa yang akan yang akan terjadi selanjutnya ? Bila kita melarang  ia mencoba lagi, bukankah berarti merampas kesempatannya belajar ?

Kegagalan tak selalu buruk, ada beragam hal positif yang dapat kita peroleh dari pengalaman gagal, antara lain :

1.            Kesempatan menganalisis potensi diri

Ketika gagal untuk mencapai tujuan, kita akan menganalisis ulang apa saja yang telah dilakukan, mengamati hal lain apa yang dapat dilakukan dan bagaimana kita dapat memaksimalkan potensi yang telah kita miliki. Kita memiliki kesempatan untuk menggali kemampuan dan potensi kita yang sebenarnya. Ketika gagal, maka sesungguhnya itu membantu kita menemukan kesalahan-kesalahan. Kita hanya perlu mengambil pendekatan yang tepat untuk mengamati kesalahan dan melakukan yang terbaik untuk menghindari kesalahan di masa depan.

2.            Belajar mencari alternatif tindakan

Kegagalan memberi kita kesempatan untuk mewujudkan cara-cara alternatif untuk mendapatkan tujuan. Kita hanya perlu visi yang tepat dan pola pikir yang positif. Belajar dari kegagalan adalah cara terbaik untuk memperluas perspektif kita. Kita belajar untuk melihat sesuatu dari sudut pandang yang positif dan lebih baik, dan hal ini akan membuat kita belajar untuk tidak mengulangi kesalahan-kesalahan kita.

3.            Peluang untuk “belajar” dan “tumbuh”

Kita tidak bisa belajar dan tumbuh tanpa kesalahan, karena kita manusia. Seekor burung belajar terbang setelah jatuh satu juta kali, tapi tidak pernah menyerah. Gagal sekali tidak berarti Anda akan gagal setiap kali. Ini adalah cara terbaik untuk mengeksplorasi kemampuan Anda dan belajar untuk membuat sesuatu yang lebih baik lagi.

4.            Menjauhkan diri dari arogansi

Kita tahu bagaimana kritik dan umpan balik negatif dari orang-orang dapat mengacaukan. Kegagalan mengajarkan kita untuk menjadi rendah hati, bahkan setelah mendapatkan semua kesuksesan di dunia.

5.            Menemukan arah yang lebih tepat untuk diri sendiri

Kegagalan memberikan kita kesempatan untuk menganalisa apakah tujuan yang dicapai telah tepat. Terkadang kita membutuhkan waktu jeda untuk mendefinisikan ulang dan kegagalan memberikan kesempatan tersebut.

Memfasilitasi anak menemukan makna kegagalan, merupakan salah satu hal penting yang perlu dilakukan orangtua kepada buah hatinya. Meskipun kita mendambakan kesuksesan dalam hidup, namun kita semua tahu hal itu tidak bisa diraih dengan mudah. Banyak sekali kisah orang-orang sukses yang perjalanannya diwarnai oleh beragam rintangan, kesalahan dan kegagalan.

Bagi orang dewasa, hal tersebut mungkin bisa dimengerti. Namun bagi anak yang masih sedikit memiliki pengalaman hidup, hal seperti ini mungkin belum bisa mereka pahami. Saat mereka merasa gagal, mungkin saja mereka memilih untuk mundur dan menyerah, serta tidak mau lagi melakukan hal tersebut. Padahal tidak akan pernah ada keberhasilan tanpa adanya kegagalan. Pada momen inilah peran orangtua yang paling berarti bagi sang anak.

Semoga informasi mengenai dampak positif kegagalan ini bisa menginspirasi Anda.

 

Sitha K. Suryaningrum, Psikolog

Melinda Psychology Development Center

RSU Melinda 2

Komentar Artikel Dampak Positif Kegagalan pada Anak
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI