KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Selasa 20 Maret 2018 10:33:16
by MelindaCare, via Artikel Anak Anda

Ciri anak kecanduan gadget bisa dengan mudah Anda temukan. Sudah menjadi rahasia umum jika anak bisa mengalami kecanduan gadget. Bukan hanya anak, orang dewasa pun ada yang mengalami kecanduan gadget.

 

Kondisi di mana anak terus-menerus bermain gadget, baik itu bermain game ataupun menonton video. Padahal kondisi ini bisa berbahaya bagi psikologi dan juga tumbuh kembangnya.

 

Ada beberapa indikasi yang dapat dengan cepat kita kenali, apabila orang tua curiga anaknya kecanduan Gadget.  Berikut ciri-ciri anak yang kecanduan gadget :

 

  1. Waktu bermain Gadget cukup lama.

Anak bermain dalam waktu yang cukup lama yaitu lebih dari 6 jam sehari.

  1. Terobsesi.

Anak sangat terikat dengan Gadgetnya. Anak dalam 1 hari tanpa Gadget atau saat diambil Gadgetnya membuat dia gelisah dan cenderung mudah tergugah emosinya (marah, ngambek, sedih).

  1. Enggan bersosialisasi.

Anak cenderung menyendiri dan hanya fokus pada Gadgetnya saja. Cenderung menolak ajakan teman-temannya untuk bermain bersama.

  1. Rutinitas terganggu bahkan mengabaikan kebutuhan pribadinya.

Keterikatan dengan Gadget membuat dirinya melupakan kebutuhan pribadinya, seperti makan atau mandi. Untuk anak yang lebih muda dan sudah mampu mengendalikan BAB/BAK, anak dapat saja kembali mengompol dan BAB di celana.

  1. Malas sekolah dan mengerjakan tugas.

Ketika hanya Gadget yang ada dalam benaknya, anak cenderung malas untuk bersekolah dan aktivitas lainnya. Ataupun jika bersekolah pun, anak bisa jadi tidak konsentrasi dan mudah sekali marah.

  1. Pola tidur terganggu.

Dengan tingginya waktu penggunaan Gadget, maka secara otomatis pola tidur anak menjadi terganggu. Mengantuk di siang hari dan cukup tahan bermain dengan Gadgetnya sepanjang malam.

 

 

Bijaklah dalam memberikan gadget pada anak. Hal ini sepertinya sangat penting untuk diketahui para orangtua jaman sekarang. Semoga ciri anak kecanduan gadget ini bisa membantu Anda untuk memaksimalkan tumbuh kembang si kecil.

 

Oleh :

   Sitha K Suryaningrum, Psikolog

        Melinda Psychology Development Centre

Komentar Artikel Ciri Anak Kecanduan Gadget
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI