KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Selasa 30 Januari 2018 15:26:53
by MelindaCare, via Artikel Anak Anda

Mengapa anak tidak mau pakai baju ya? Apakah Anda pernah atau bahkan sedang mengalami momen di mana si kecil tidak mau pakai baju dan malah berlarian kesana-kemari?

Anda tidak sendiri loh! Karena tingkah laku menggemaskan si kecil ini ternyata dialami hampir semua orangtua di dunia.

Ketika si kecil menolak menggunakan baju, tandanya si kecil sedang memasuki tahapan "negativistik". Tahapan di mana si kecil ini menunjukkan jika dialah yang punya kontrol pada dirinya sendiri. Apapun yang dilakukannya akan berdasarkan apa yang diinginkannya. Fase ini disebut juga dengan nama fase otonomi diri dan biasa terjadi pada masa batita.

Si kecil tidak mau pakai baju juga bisa disebabkan karena bahan pakaiannya tidak nyaman. Bisa juga karena si kecil tidak menyukai model, warna, atau gambar pada bajunya tersebut. Bahkan jika Anda memaksa si kecil dan tergesa-gesa saat memakaikan bajunya, hal ini juga yang membuat si kecil menolak untuk menggunakan baju.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Pertama, Anda bisa membuat kesepakatan. Misalnya, kamu bisa berlari-lari di rumah sebanyak tiga kali lalu menggunakan baju setelahnya. Bisa juga, kamu boleh menonton acara televisi ini sampai habis, tapi setelahnya segera pakai baju ya.

Cara lainnya, Anda bisa mengajak si kecil memilih pakaian yang akan dikenakannya. Dengan cara ini, maka Anda mengajarkan juga anak untuk mandiri dan memilih sesuai keinginannya.

Kemudian Anda juga bisa membuat acara menggunakan baju ini lebih menarik lagi. Misalnya memutarkan lagu kesukaannya dan mengajaknya menari sambil menggunakan baju.

Mengapa anak tidak mau pakai baju dan bagaimana cara Anda mengatasinya? Share di sini yuk pengalamannya.

 

Komentar Artikel Mengapa Anak Tidak Mau Pakai Baju Ya?
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI