KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Jumat 05 Januari 2018 15:06:18
by MelindaCare, via Artikel Postpartum

Pertanyaan seputar menyusui ini sering dilontarkan oleh para ibu menyusui. Selain pertanyaan-pertanyaan ini, timbul juga beberapa kekhawatiran seputar kegiatan menyusui. Terlebih bagi ibu yang baru pertama kali mengalaminya.

Mau tau apa saja pertanyaan dan kekhawatiran para ibu menyusui? ini dia daftarnya :

Q: Kapan saya bisa mulai menyusui?

A: Segera setelah melahirkan. Pertamanya, payudara Ibu akan mengeluarkan kolostrum, cairan kekuningan yang penuh dengan antibodi, sel-sel pelindung dan nutrisi untuk bayi. Setelahnya, barulah keluar ASI, sehingga bayi bisa mendapatkan protein (dari foremilk) dan lemak (dari hind milk).

 

Q: Seperti apa rasanya menyusui?

A: Ketika bayi mulai memasukkan puting Ibu dalam mulutnya dan mulai mengisap, timbul refleks yang disebut let-down. Refleks ini memberikan sinyal pada payudara Ibu untuk mengeluarkan susu, dan akan terasa sedikit rasa geli ketika susu mulai keluar. Awalnya mungkin terasa tidak nyaman, namun jika pelekatan terjadi dengan baik, Ibu seharusnya tidak merasakan sakit.

 

Q : Bagaimana jika ASI tidak keluar?

A : Jika Ibu sulit fokus, lelah, stres, cemas, malu atau mengalami nyeri di payudara, ASI pun bisa jadi terhambat.

Jika Anda memiliki pertanyaan dan kekhawatiran tertentu seputar menyusui maka bisa langsung berkonsultasi dengan dokter spesialis anak atau ke Klinik Laktasi di Melinda Hospital.

Nah, bagaimana dengan Anda? apakah memiliki pertanyaan dan kekhawatiran tersendiri seputar menyusui? jika iya, bisa loh sharing di sini...

Komentar Artikel Pertanyaan Seputar Menyusui dan Kekhawatirannya
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI