KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Rabu 03 Januari 2018 15:28:53
by MelindaCare, via Artikel Bayi Anda

Warna feses bayi bisa menunjukkan bagaimana kesehatan si kecil. Terkadang ada ibu yang tidak memperdulikan warna feses dari bayinya dan langsung membuang popok atau pup nya. Padahal dengan rajin memeriksa warna feses bayi ini bisa membantu orangtua untuk mengetahui kondisi kesehatan sang anak loh.

Berikut ini warna-warna feses bayi dan artinya yang penting diketahui para orangtua:

Hijau Kehitaman

Warnanya hampir mirip serti warna aspal. Biasanya bayi baru lahir memiliki feses dengan warna hijau kehitaman dan teksturnya sangat lengket. Feses bayi baru lahir ini dinamakan juga dengan “mekonium”.

Penyebabnya karena adanya berbagai unsur yang masuk ke tubuh bayi selama masih dalam kandungan. Dalam artian, bayi yang baru lahir memiliki feses dengan warna hijau kehitaman ini normal. Anda patut khawatir dan harus menyampaikannya ke bidan atau dokter jika bayi baru lahir selama 48 jam tidak mengeluarkan feses dengan warna hijau kehitaman.

Kuning, Kusam, dan Berbau “Manis”

Warna feses ini bisa muncul pada minggu-minggu pertama kehidupan bayi dengan ASI eksklusif. Frekuensi BAB bayi di usia ini 3-4 kali dalam satu hari. Asalkan warnanya masih seperti ini, maka tergolong normal.

Sawo Matang dan Berbau Menyengat

Jika bayi Anda mengonsumsi susu formula, maka warna fesesnya akan seperti ini. Pada beberapa kasus, warna fesesnya kadang agak kekuningan atau kehijauan dengan tekstur seperti selai kacang.

Coklat Kehijauan

Ketika Anda mulai memperkenalkan mpasi pada bayi, maka warna fesesnya akan berubah seperti ini. Semakin banyak jenis makanan yang dikonsumsi si kecil maka kemungkinan warna fesesnya berubah pun semakin besar.

Coklat

Menjelang usia batita, maka feses si kecil akan semakin padat teksturnya dan warnanya berubah menjadi coklat. Frekuensi BAB nya tidak terlalu penting, namun konsistensi atau kekentalan fesesnya perlu diperhatikan.

Hijau Tua

Pernahkah Anda menemukan feses si kecil tiba-tiba berwarna hijau tua? Jangan cemas dahulu. Karena warna feses ini bisa disebabkan si kecil banyak mengonsumsi zat besi.

Hijau Terang dan Berbusa

Warna feses ini banyak ditemui pada bayi yang sering berpindah payudara saat menyusui. Agar warna fesesnya kembali normal, maka biarkan si kecil menghabiskan dulu di payudara pertama baru pindah ke payudara lainnya.

Pada beberapa kasus, warna feses ini juga bisa disebabkan oleh virus apalagi jika si kecil terlihat rewel. Jika Anda menemukan gejala si kecil rewel dan fesesnya berwarna hijau terang serta berbusa maka segera periksakan ke dokter.

Merah

Warna merah pada feses bayi bisa saja disebabkan dari makanan yang dikonsumsi si kecil. Tetapi bisa juga karena ada darah pada fesesnya. Jika jumlah darahnya banyak maka harus segera diperiksakan ke dokter.

Putih Kapur

Warna feses si kecil seperti putih kapur? Maka menandakan adanya gangguan serius apda hati atau kantung empedunya. Anda harus segera membawanya ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut.

Hitam

Warna feses bayi hitam? Bisa jadi karena masalah yang serius. Bisa disebabkan karena masuknya darah ke saluran pencernaan bagian atas bayi. Untuk memastikannya Anda bisa membawa si kecil ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut.

Semoga informasi seputar warna feses bayi dan artinya ini bisa menambah wawasan Anda.

Komentar Artikel Warna Feses Bayi dan Artinya
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI