KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Senin 11 Desember 2017 14:19:47
by MelindaCare, via Artikel Anak Anda

Ciri-ciri kekerasan pada anak penting untuk diketahui para orangtua. Ketika Anda sudah mengenal seperti apa anak yang mengalami kekerasan maka bisa menjadi langkah awal atau sebagai deteksi dini.

Untuk deteksi dini kejadian Child Abuse harus dilakukan segera mungkin pada saat kasus datang, bila waktu tersebut tidak digunakan dengan baik, akan banyak bukti-bukti yang hilang. Pada kasus kekerasan fisik pada anak, beberapa cedera yang harus dicurigai adanya Child Abuse adalah:

1.            memar pada bayi

2.            fraktur multipel

3.            cedera kepala berat pada bayi dan balita

4.            fraktur iga

5.            hematom subdural dan perdarahan retina

6.            patah tulang pada anak

7.            luka bakar multipel atau memiliki bentuk tertentu

 

Pemeriksaan Penunjang

Pemeriksaan penunjang yang dapat dilakukan adalah pemeriksaan laboratorium lengkap termasuk pemeriksaan masa perdarahan dan pembekuan, radiologi termasuk bone survey pada kecurigaan kekerasan fisik pada anak di bawah usia 2 tahun, pemeriksaan lain sesuai indikasi.

Kedaruratan dalam kasus Child Abuse berbeda dengan kedaruratan pada penyakit atau masalah kesehatan lainnya. Apabila pada penyakit atau masalah kesehatan anak lebih difokuskan untuk upaya penanganan yang bersifat kuratif, sedangkan untuk kasus Child Abuse selain kedaruratan untuk aspek kuratif, terdapat pula aspek kedaruratan dalam deteksi dini, diagnosis, dan tentunya penanganan kegawatdaruratan.

Hal tersebut di atas bertujuan untuk mencegah terjadinya dampak kasus Child Abuse, baik dampak jangka pendek maupun dampak jangka panjang terutama bagi anak dan keluarga.

Semoga informasi seputar ciri-ciri kekerasan pada anak ini bisa menambah wawasan Anda dan lebih “aware” terhadap masalah ini. 

Komentar Artikel Ciri-ciri Kekerasan pada Anak
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI