KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Kamis 23 November 2017 10:23:17
by MelindaCare, via Artikel Penyakit

Penyakit trisomi 13 mungkin masih jarang didengar bahkan tidak banyak orang mengetahuinya. Namun akhir-akhir ini penyakit ini menjadi banyak dibicarakan orang. Postingan mengenai kondisi bayi Adam Fabumi di sosial media, membukakan banyak mata orang bahwa penyakit ini nyata.

Adam Fabumi, seorang bayi yang lahir pada 24 April 2017 dan sejak berada di dalam kandungan tepatnya usia 5 bulan kehamilan, dokter sudah memvonis jika Adam akan terlahir dengan Sindrom Dandy Walker.

Namun vonis dokter untuk beberapa penyakit lainnya yang akan diderita bayi Adam, tidak mematahkan semangat orangtuanya. Sampai akhirnya Adam Fabumi terlahir dan harus terus mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Perjuangan bayi tangguh dan orangtuanya ini ternyata harus berenti sekarang. Bayi Adam Fabumi, Rabu (22/11) harus berpulang menghadap yang Maha Kuasa.

Apa Itu Penyakit Sindrom Dandy Walker

Sindrom Dandy Walker ini ditemukan oleh Walter Dandy dan Arthur Walker. Merupakan kondisi medis yang mengakibatkan kelainan bawaan otak di sebagian serebelum dan pelindung cairan utamanya. Bahkan pada beberapa kasus, ada beberapa partisi otak yang tidak ada.

Sindrom Dandy Walker membuat saluran pembuangan cairan otak di dalam kepala Adam tidak terbentuk. Kondisi ini bisa terjadi 1 banding 25.000-30.000 kelahiran.

Selain sindrom Dandy Walker, Adam juga mengalami beberapa komplikasi yang berkaitan dengan kinerja jantung, darah, pembengkan ginjal dan paru-paru. Adam juga mengalami kebocoran jantung dengan lebar 3,5 mm dan disebut PDA (Patent Ductus Arteriosus). Kondisi di mana terdapat kerusakan antara kedua ruas jantung yang menyebabkan pencampuran antara darah beroksigen dengan darah yang tidak beroksigen. Kondisi ini disebut juga dengan istilah ASD (Atrial Septal Defect).

Bayi Adam juga ternyata memiliki kelainan pada dinding jantung karena adanya lubang pada bagian yang memisahkan jantung bagian bawah. Penyakit ini disebut VSD (Ventricular Spetal Defect) ang menyebabkan adanya pelebaran saluran ginjal serta pneumonia aspirasi. Kondisi ini menyebabkan bisa terserapnya benda-benda asing ke dalam saluran pernapasan.

Awalnya bayi Adam memang divonis terkena sindrom Dandy Walker, ternyata Adam pun mengalami trisomi 13 atau disebut juga dengan sindrom Patau. Sindrom di mana terjadi kelainan genetik. Jika anak normal terlahir dengan dua kromoson, sedangkan Adam terlahir dengan tiga kopi kromosom 13.

Penyebab kelainan genetik ini tidak ada, dan bukan karena keturunan, virus, ataupun salah makan saat hamil. Kelainan genetik ini terjadi begitu saja atau spontan. Akibat dari kelebihan kromoso ini bisa menyebabkan kelainan fisik dan keterbelakangan mental parah. Mulai dari cacat di bagian jantung, kesuitan bernapas, tuli permanen, hingga gagal jantung, dan masalah penglihatan.

Pemeriksaan rutin di masa kehamilan sangatlah penting, salah satunya untuk mengetahui apakah ada hal yang tidak normal dalam kehamilan Anda. Semoga informasi seputar penyakit trisomi 13 ini bisa menambah wawasan Anda.

 

Komentar Artikel Penyakit Trisomi 13, Mengenal Penyakit Bayi Adam Fabumi
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI