KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Rabu 22 November 2017 11:04:43
by MelindaCare, via Artikel Postpartum

Cara penanganan baby blues syndrome bisa dilakukan pertama-tama dengan melakukan pencegahannya terlebih dahulu. Tidak ada bukti tentang pencegahan depresi pasca-melahirkan yang efektif, kecuali menjalankan gaya hidup sehat sebaik mungkin. Jika Anda ingin terhindar dari depresi pasca-melahirkan, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan risiko mengalami depresi, di antaranya :

•             Kelilingi diri penderita dengan anggota keluarga dan teman - teman yang mendukung, dan meminta bantuan mereka dalam merawat bayi.

•             Dapatkan istirahat sebanyak yang bisa.

•             Cobalah untuk tidak menghabiskan banyak waktu sendirian.

•             Luangkan waktu sendirian dengan suami atau pasangan.

•             Mandi dan berpakaian setiap hari.

•             Keluar dari rumah. Berjalan-jalan, melihat teman, melakukan sesuatu yang Anda nikmati. Dapatkan seseorang untuk mengurus bayi jika bisa , jika tidak dapat membawa bayi.

•             Jangan berharap terlalu banyak dari diri sendiri. Jangan khawatir terlalu banyak tentang pekerjaan rumah tangga. Tanyakan teman-teman dan keluarga untuk membantu.

•             Bicaralah dengan ibu-ibu lain. Penderita dapat belajar satu sama lain, dan pengalaman mereka dapat meyakinkan.

Jika depresi terus berlanjut selama lebih dari dua minggu atau sangat parah, berbicara dengan ahli kesehatan. Cukup perawatan saja tidak dianjurkan. Pengobatan untuk depresi postpartum tergantung pada bentuk dan derajat keparahan gangguan itu. Mungkin perlu bantuan psikologis dan terapi individu atau kelompok.

Konseling perkawinan dapat menjadi bagian dari rencana perawatan Anda. Sangat penting untuk teman-teman dan keluarga untuk memahami penyakit sehingga mereka dapat membantu. Jangan lupa berdoa, berserahlah kepada Yang Maha Kuasa karena segala sesuatu pasti ada di TanganNya. Berdoalah agar kehidupan anda keluarga, dan anak anda senantiasa dalam lindunganNya.

Semoga informasi seputar cara penanganan baby blues syndrome ini bisa membantu Anda.

 

Oleh : Lula Adilia, dr., Sp.OG

(dokter Spesialis Kandungan RSU Melinda 2)

Komentar Artikel Cara Penanganan Baby Blues Syndrome
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI