KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Kamis 09 November 2017 11:12:10
by MelindaCare, via Artikel Bayi Anda

Fakta Mpasi ini penting loh untuk diketahui para orangtua. Belakangan ini seiring dengan semakin banyaknya orangtua yang melek teknologi, makin banyak orangtua yang menanyakan pertanyaan di bawah ini.

“Dok, saya lihat di sosmed, ada artis yang sudah memberi makan bayinya langsung makanan padat, lho. Sebenarnya boleh tidak sih dok ?”

“Jaman saya kecil, saya sudah diberikan pisang oleh ibu sejak usia 2 bulan. And it turns out just fine, though. Harusnya sih tidak apa-apa kan ?”

“Saya paling anti pakai MP-ASI buatan pabrik. Kan banyak pengawet berbahayanya ?”

Banyaknya informasi yang baru memang bukan menjadi masalah, namun sebagai orangtua yang bijak sudah menjadi kewajiban kita untuk mericek dan tidak hanya mengikuti apa yang sedang trending.

 

Sebelum membahas tentang MP-ASI, mari kita bahas sedikit mengenai ASI. Dahulu pemberian ASI ekslusif diberikan hingga usia 4 bulan, setelah itu bayi diperkenalkan dengan MP-ASI sejak usia 4 bulan, dan pemberian ASI masih terus dilanjutkan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pemberian ASI ekslusif selama 6 bulan lebih banyak manfaatnya dibandingkan pemberian ASI ekslusif selama 4 bulan, maka mulai tahun 2012, WHO (World Helath Organisation) dan IDAI (IKatan Dokter Anak Indonesia) merekomendasikan pemberian ASI ekslusif selama 6 bulan.

Setelah usia 6 bulan, berdasarkan penelitian yang ada, pemberian ASI saja pada bayi berusia 6 bulan atau lebih memang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan bayi untuk dapat tumbuh kembang, sehingga dibutuhkan MP (makanan pendamping) ASI semenjak usia tersebut. MP-ASI dapat diberikan selama periode 6 - 23 bulan yang menjadi masa sensitif tumbuh kembang. Bila pada usia ini pemberian makanan tidak tepat, baik kualitas dan kuantitasnya, dapat terjadi masalah yang timbul pada anak, antara lain kejadian kurang gizi pada anak.

Pemberian makan bayi pada usia yang sangat dini (kurang dari 4 bulan) di mana pencernaan belum cukup matang dapat menyebabkan terjadinya gangguan pencernaan. Pemberian MP-ASI pada usia yang sangat dini, juga berisiko memicu alergi pada bayi. Bayi yang telah siap mendapatkan makanan pendamping ASI memiliki beberapa tanda, seperti sudah mampu menahan kepala tegak, dapat duduk tanpa bantuan, menunjukkan ketertarikan makan dengan membuka mulutnya serta lebih eksploratif terhadap sekitarnya. Bila bayi sudah menunjukkan tanda kesiapan, pemberian MP-ASI dapat dipertimbangkan.

Semoga fakta mpasi ini bisa menambah wawasan Anda dan memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. 

Komentar Artikel Fakta MpASI yang Perlu Orangtua Ketahui!
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI