KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Jumat 06 Oktober 2017 09:51:19
by MelindaCare, via Artikel Penyakit

Penyebab terjadinya low back pain bisa karena kelainan pada muskuloskelatal, sistem saraf, vaskuler, viseral, dan psikogenik. Namun apa itu sebenarnya low back pain? Low Back Pain (LBP) adalah nyeri yang dirasakan didaerah punggung bawah, dapat merupakan nyeri local maupun nyeri radikuler atau keduanya.

Nyeri yang berasal dari daerah punggung bawah dapat menuju ke daerah lain atau sebaliknya ,nyeri yang berasal dari daerah lain dirasakan di daerah punggung bawah ( reffered pain / nyeri yang menjalar ). Kesulitan saat menegakkan badan setelah membungkuk karena timbulnya rasa kaku atau rasa sakit adalah gejala / keluhan yang sangat sering terjadi dari masalah nyeri punggung bawah atau Law Back Pain (LBP).

80 % manusia dalam perjalanan hidupnya pernah menderita LBP. LBP merupakan diagnosa yang paling sering dibuat oleh dokter setelah infeksi saluran pernapasan. Penderita LBP mempunyai tingkat rekuren (kekambuhan) yang tinggi terutama pada penderita dengan berat badan berlebih, gaya hidup santai akan tetapi secara psikis sering stress.

Sedikit sekali penderita yang mengerti bahwa bila kita memiliki otot yang kuat dan sikap tubuh yang tegap akan dapat mencegah nyeri punggung. Hal tersebut kemudian menimbulkan anggapan (yang salah) bahwa keadaan LBP sebagai hal yang wajar sejalan dengan bertambahnya usia dan atau akibat kerja terlalu berat, salah mengangkat baban berat, atau ranjang yang terlalu empuk.

Sekitar 90% LBP akut maupun kronis adalah benigna ( jinak ) , sembuh spontan dalam waktu 4-6 minggu , cenderung berulang dan insidensi sekitar 15-20% .

LBP bisa disebabkan oleh : kelainan muskuloskeletal , sistem saraf , vaskuler , viseral dan psikogenik . Penyebab LBP antara lain :

a. Kelemahan Otot Punggung dan Otot perut

– Penelitian menunjukkan bahwa kelemahan kedua otot ini juga menyebabkan buruk-nya fleksibilitas otot dan memberi andil dalam timbulnya nyeri punggung bawah.

b. Stress sikap tubuh

– Sikap tubuh yang salah (misalnya salah pada posisi duduk) akan menyebabkan kelelahan pada tulang belakang.

– Ligament (jaringan pengikat sendi) akan terulur

– Sendi dan syaraf akan mendapat tekanan

c. Strain Otot

– Pada cidera otot ringan akan kembali pulih dengan sendirinya, tapi cidera yang berat membutuhkan fisioterapi untuk mengurangi rasa sakit dan untuk penyembuhan yang sempurna.

Periksakan penyebab low back pain Anda ke Orthopaedic Physiotherapy RSU Melinda 2, Jl. Dr. Cipto No. 1 Bandung. Info lebih lanjut silakan hubungi (022) 4233777 ext: 7709.

 

Sumber :  Orthopaedic Physiotherapy RSU Melinda 2

Komentar Artikel Penyebab Terjadinya Low Back Pain
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI