KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Kamis 28 September 2017 11:36:13
by MelindaCare, via Artikel Penyakit

Penyebab kanker serviks benarkah karena free sexs? Hampir semua kasus kanker serviks disebabkan oleh human papillomavirus atau HPV. Saat ini terdapat 138 jenis HPV yang sudah dapat teridentifikasi yang  40 di antaranya dapat ditularkan lewat hubungan seksual.

Beberapa tipe HPV virus risiko rendah  jarang menimbulkan kanker, sedangkan tipe yang lain bersifat virus risiko tinggi.. Beberapa  penelitian mengemukakan bahwa lebih dari 90% kanker leher  rahim disebabkan oleh tipe 16 dan  18.

Faktor  risiko

  • Usia > 35 tahun. Mempunyai risiko tinggi terhadap kanker leher rahim. Meningkatnya  risiko kanker leher rahim pada usia lanjut merupakan gabungan dari meningkatnya dan bertambah lamanya waktu pemaparan terhadap karsinogen serta makin melemahnya sistem kekebalan tubuh akibat usia.
  • Usia pertama kali menikah. Menikah pada usia kurang 20 tahun dianggap terlalu muda untuk melakukan hubungan seksual dan berisiko terkena kanker leher rahim 10-12 kali lebih besar daripada mereka yang menikah pada usia > 20 tahun. Pada usia muda, sel-sel mukosa pada serviks belum matang. Artinya, masih rentan terhadap rangsangan  sehingga tidak siap menerima rangsangan dari luar termasuk zat-zat kimia yang dibawa sperma.
  • Wanita dengan aktivitas seksual yang tinggi, dan sering berganti-ganti pasangan. Berganti-ganti pasangan akan memungkinkan tertularnya penyakit penyakit menular seksual (seperti klamidia trakomatis, trikomonas vaginalis, cytomegalovirus, neiseria gonore dan triponema palidum, Human Ppiloma Virus ( HPV ).
  • Wanita yang merokok.Wanita perokok memiliki risiko 2 kali lebih besar terkena kanker serviks dibandingkan dengan wanita yang tidak merokok.
  • Riwayat penyakit kelamin seperti kutil genitalia. Wanita yang terkena penyakit akibat hubungan seksual berisiko terkena virus HPV.
  • Paritas (jumlah kelahiran).  Semakin tinggi risiko pada wanita dengan banyak anak, apalagi dengan jarak persalinan yang terlalu pendek.

Ingin ketahui lebih jauh mengenai penyebab kanker serviks, pencegahan, dan pengobatannya silakan konsultasikan lebih dalam bersama dokter kandungan di RSU Melinda 2. Hubungi Hunting  : (022) 4233777, pendaftaran : 08157100888 (Call Only) / 082320064078 (WhatsApp Only) untuk appointment.

Penulis : dr. Lula Adilia , Sp.OG    (RSU Melinda 2)

 

Komentar Artikel Penyebab Kanker Serviks, Benarkah Karena Free Sexs?
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI