KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Kamis 28 September 2017 11:34:43
by MelindaCare, via Artikel Penyakit

Apa itu kanker serviks dan gejala-gejalanya? Banyak orang yang belum mengetahui lebih jauh mengenai penyakit ini. Dan kini sudah waktunya bagi Anda, khususnya kaum wanita untuk mengenali lebih jauh dan mewaspadai kanker serviks.

Apa Itu Kanker Serviks?

Kanker serviks merupakan kanker yang terjadi pada serviks atau leher rahim, suatu daerah  pada  organ reproduksi wanita yang merupakan pintu  masuk ke arah rahim, letaknya antara rahim  (uterus) dan liang senggama atau vagina. Kanker leher rahim biasanya menyerang wanita  berusia 35-55 tahun.

“Kanker serviks merupakan keganasan yang sering dijumpai pada wanita.”

Di Indonesia, pada tiap harinya, diperkirakan muncul 40-45 kasus baru dan sekitar 20-25 orang meninggal akibat kanker serviks. Angka kematian kanker serviks di Indonesia tergolong tinggi dan sebagian besar disebabkan oleh keterlambatan dalam diagnosis. Biasanya kanker sudah menyebar ke organ lain di dalam tubuh. Inilah penyebab pengobatan yang dilakukan menjadi makin sulit. Sebelum terjadinya kanker, akan didahului oleh keadaan yang disebut lesi prakanker atau  neoplasia intraepitel serviks (NIS).

Gejala Kanker Serviks

Kanker serviks membutuhkan proses yang sangat panjang yaitu antara 10 hingga 20 tahun untuk menjadi sebuah penyakit kanker. Oleh karena itu di sarankan para perempuan untuk melakukan test pap smear setidaknya 2 tahun sekali, melakukan test IVA (inspeksi visual dengan asam asetat, dll).

Meskipun sulit untuk di deteksi, namun ciri-ciri berikut bisa menjadi petunjuk terhadap perempuan apakah dirinya mengidap gejala kanker serviks atau tidak:

  1. Saat berhubungan intim selaku merasakan sakit, bahkan sering diikuti oleh adanya perdarahan.
  2. Keputihan yang tidak normal disertai dengan perdarahan dan jumlahnya berlebih
  3. Sering merasakan sakit pada daerah pinggul
  4. Mengalami sakit saat buang air kecil
  5. Pada saat menstruasi, darah yang keluar dalam jumlah banyak dan berlebih
  6. Saat perempuan mengalami stadium lanjut akan mengalami rasa sakit pada bagian paha atau salah satu paha mengalami bengkak, nafsu makan menjadi sangat berkurang, berat badan tidak stabil, susah untuk buang air kecil, mengalami perdarahan spontan

Semoga info seputar apa itu kanker serviks dan gejala-gejalanya ini bisa menambah wawasan dan lebih sadar akan kesehatan Anda. Konsultasikan lebih dalam mengenai kanker serviks, pencegahan, dan pengobatannya bersama dokter kandungan di RSU Melinda 2. Hubungi Hunting  : (022) 4233777, pendaftaran : 08157100888 (Call Only) / 082320064078 (WhatsApp Only) untuk appointment.

Penulis : dr. Lula Adilia , Sp.OG    (RSU Melinda 2)

Komentar Artikel Apa Itu Kanker Serviks dan Gejala-gejalanya?
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI