KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Selasa 26 September 2017 10:00:04
by MelindaCare, via Artikel Kecantikan

Pentingnya menggunakan tabir surya untuk apa? Salah satu cara pencegahan terhadap paparan buruk sinar UV adalah dengan menggunakan Tabir Surya. Masyarakat pada umumnya masih belum memahami secara tepat tentang pentingnya penggunaan tabir surya setiap hari dan cara penggunaannya yang benar.

Pemakaian tabir surya juga harus dikuti dengan perilaku perlindungan kulit yang lebih baik, karena belum ada tabir surya yang dapat melindungi kulit sepenuhnya dari bahaya sinar UV. Kita juga harus berusaha menghindari paparan langsung sinar matahari, menggunakan pelindung, seperti topi dan payung untuk mengurangi efek samping dari paparan langsung dan kumulatif sinar UV.

Penggunaan tabir surya merupakan perawatan kulit yang penting digunakan setiap hari, karena perlindungan kulit yang tepat akan memberikan perbedaan  signifikan terhadap penampilan kulit kita saat usia lanjut.

Saat memilih tabir surya pastikan kita memilih yang memiliki perlindungan terhadap UVA dan UVB, atau yang lebih dikenal dengan Tabir Surya Broad Spectrum. Tabir surya yang kebanyakan beredar di pasaran saat ini hanya memiliki perlindungan terhadap UVB, sedangkan seperti yang telah kita ketahui sebelumnya bahwa UVA juga dapat menyebabkan kanker kulit dan penuaan pada kulit.

Pastikan Tabir Surya yang dipilih mencantumkan nilai SPF dan PA pada kemasannya. SPF atau Sun Protection Factor menunjukan kemampuan tabir surya tersebut melindungi kulit dari UVB, sedangkan PA atau Protection UVA menunjukan kemampuan perlindungan terhadap UVA. Masih banyak masyarakat yang keliru mengartikan bahwa semakin tinggi kadar SPF pada tabir surya maka semakin baik pula perlindungannya terhadap matahari.

Hal ini tidak sepenuhnya benar. Kadar SPF sebetulnya menunjukan berapa lama kemampuan suatu tabir surya melindungi kulit dari efek paparan sinar UV. Tabir surya yang memiliki nilai SPF 30 apabila digunakan dengan benar dapat melindungi kulit anda 30 kali lebih lama dari efek sinar UV dibandingkan apabila tidak menggunakan tabir surya. Kemampuan perlindungan terhadap sinar UVB tidak terlalu signifikan dengan berbagai kadar SPF yang berbeda.

SPF 15 mampu melindungi dari 93% sinar UVB, SPF 30 sebesar 97%, SPF 50 sebesar 98%, dan SPF 100 sebesar 99%. Hal ini menunjukan bahwa aplikasi yang tepat lebih penting dan bermanfaat dibandingkan memilih tabir surya dengan SPF yang lebih tinggi.

American Academy of Dermatoloy menganjurkan untuk menggunakan Tabir Surya Broad Spectrum dengan kadar SPF minimal 30. Tabir surya diaplikasikan 15 - 30 menit sebelum beraktivitas, dan diulang setiap 2 - 3 jam. Apabila anda berkeringat ataupun melakukan aktivitas dalam air seperti berenang, maka tabir surya dapat digunakan lebih sering, dan anda juga dapat memilih Tabir Surya yang bersifat Water Resistant.

Jumlah tabir surya yang disarankan untuk diaplikasikan pada seluruh tubuh adalah sebanyak 1 ons, atau kurang lebih sebanyak dua sendok makan. Kebanyakan orang hanya menggunakan 25-50% dari jumlah tabir surya yang dianjurkan, sehingga manfaat tabir surya tidak maksimal. Pastikan menggunakan tabir surya merata pada seluruh tubuh anda, dan bila perlu gunakan juga pelembab bibir yang dapat memberikan perlindungan terhadap sinar UV.

Kini Anda telah mengetahui pentingnya menggunakan tabir surya bukan? Dan tidak ada salahnya sekarang untuk menyediakan tabir surya di tas Anda. Sediaan tabir surya di pasaran pun sudah bermacam-macam sesuai kondisi kulit dan tentu saja keuangan Anda. Bagi Anda yang memiliki masalah seputar kulit dan ingin berkonsultasi dengan dokter di RSU Melinda 2, silakan hubungi hunting  : (022) 4233777
Pendaftaran : 08157100888 (Call Only) / 082320064078 (WhatsApp Only).

Oleh : Helena Eka Putri, dr.,Sp.KK

RSU Melinda 2

Komentar Artikel Ini Loh Pentingnya Menggunakan Tabir Surya
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI