KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Selasa 26 September 2017 10:10:52
by MelindaCare, via Artikel Kecantikan

Efek buruk sinar matahari bagi kulit wajah? Mungkin semua orang belum mengetahuinya bahkan tidak melindungi wajahnya dari sinar matahari. Padahal dampaknya tidak hanya menyebabkan kulit kering, cepat mengundang keriput saja loh.

Setiap hari kulit kita terpapar oleh Sinar Ultraviolet (UV), yang kadang tanpa kita sadari memberi pengaruh buruk pada kulit. Sinar UV sendiri terdiri dari 3 jenis berdasarkan perbedaan panjang gelombangnya, yaitu UVA, UVB dan UVC. Dari ketiga jenis sinar UV tersebut hanya UVA dan UVB yang dapat masuk kedalam permukaan bumi, sedangkan UVC akan dihambat oleh lapisan luar pada Ozon.

Sinar UV yang paling banyak masuk ke permukaan bumi adalah UVA sebesar 96,5%, sedangkan UVB hanya sebesar 3,5%. Kedua jenis sinar UV ini memiliki karakteristik dan efek samping yang berbeda pada kulit.

 

Yuk Kenali Dulu Perbedaan UVA dan UVB!

Beberapa perbedaan mendasar UVA dan UVB adalah :

  1. Radiasi sinar UVB dapat dihambat oleh kaca, sedangkan UVA tidak.
  2. Radiasi maksimal UVB terjadi antara jam 10 pagi hingga jam 4 sore, sedangkan radiasi sinar UVA  konstan tidak dipengaruhi oleh waktu
  3. UVB dapat berpenetrasi hingga ke lapisan epidermis pada kulit, sedangkan UVA berpenetrasi lebih dalam hingga ke lapisan dermis dan hipodermis
  4. Paparan sinar UVB menyebabkan kemerahan pada kulit yang terjadi langsung setelah paparan, sedangkan UVA menyebabkan perubahan warna kulit menjadi lebih gelap atau yang disebut dengan Persistent Pigment Darkening.

Efek samping UVA dan UVB

Radiasi dari kedua jenis sinar UV ini dapat menyebabkan kerusakan pada DNA, sehingga merupakan salah satu penyebab terjadinya kanker kulit seperti : Melanoma, Karsinoma sel basal dan Karsinoma sel skuamous.

Apabila anda menemukan kelainan pada kulit yang dicurigai sebagai kanker kulit, atau tahi lalat yang ukurannya semakin membesar, terasa sakit, memilliki warna yang tidak rata, dan mudah berdarah segera konsultasikan pada dokter spesialis kulit, karena penanganan yang lebih awal dan tepat akan mengurangi resiko kanker kulit dan meningkatkan angka kesembuhannya.

Sinar UV juga merupakan salah satu penyebab terjadinya penuaan kulit. Kulit yang menua akan tampak keriput, kendur, disertai dengan berbagai kelainan pigmentasi. Sinar UVB menstimulasi pembelahan sel pada lapisan luar kulit, sehingga mengakibatkan kulit tampak bersisik.  Sedangkan UVA dapat merusak jaringan ikat kulit dan mengakibatkan kulit kehilangan elastisitasnya, sehingga timbul kerutan dan kulit tampak kendur. Pada usia lanjut sering juga kita lihat produksi pigmen melanin berlebih ,yang tampak sebagai bercak-bercak hitam pada kulit.

Efek buruk sinar matahari bagi kulit wajah ini tentu bisa dicegah dengan melakukan perawatan. Bagi Anda yang memiliki masalah seputar kulit dan ingin berkonsultasi dengan dokter di RSU Melinda 2, silakan hubungi hunting  : (022) 4233777
Pendaftaran : 08157100888 (Call Only) / 082320064078 (WhatsApp Only).

Oleh : Helena Eka Putri, dr.,Sp.KK

RSU Melinda 2

Komentar Artikel Efek Buruk Sinar Matahari Bagi Kulit Wajah & Pencegahannya
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI