KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Selasa 19 September 2017 14:23:02
by MelindaCare, via Artikel Anak Anda

Cara menjaga keamanan makanan anak ini penting untuk diketahui setiap orangtua. Tidak hanya bagi anak, tetapi juga untuk semua keluarga. Mengingat ketika makanan terjaga keamanannya maka kesehatan pun bisa terjaga.

Berikut ini lima langkah menuju Food Safety :

  1. Menjaga kebersihan tangan

Mencuci tangan dengan menggunakan air mengalir, basuh tangan selama 20 detik dengan menggunakan sabun, keringkan dengan tisu yang bersih.

  1. Memisahkan bahan mentah dan bahan yang sudah matang

Memisahkan bahan mentah seperti daging, ayam, dan ikan dari bahan makanan lain. Gunakan alat masak yang berbeda (pisau, alas untuk memotong) untuk mengolah bahan-bahan mentah. Simpan bahan mentah didalam wadah tertutup untuk mencegah kontak dengan makanan yang sudah matang.

  1. Memasak makanan sampai matang

Memasak makanan hingga matang dengan temperature 70oC dapat membunuh hampir semua mikroorganisme yang berbahaya. Beberapa penelitian menunjukkan memasak makanan hingga suhu 70oC dapat membunuh mikroorganisme dalam jumlah besar dalam 30 detik, memastikan makanan aman untuk dikonsumsi.

  1. Simpan makanan pada temperature yang aman

Mikroorganisme dapat berkembang dengan baik pada suhu 5oC-60oC. Dengan menyimpan makanan pada suhu dibawah 5oC atau diatas 60oC dapat mengurangi atau menyetop pertumbuhan mikroorganisme. Namun beberapa mikroorganisme yang berbahaya masih dapat bertahan pada suhu dibawah 5oC. Jangan membiarkan makanan yang sudah matang pada suhu ruangan  lebih dari 2 jam. Usahakan makanan yang sudah matang tetap hangat pada suhu 60oC. Jangan menyimpan makanan pada lemari pendingin terlalu lama. Jangan membiarkan makanan yang beku pada suhu ruangan. Bila akan memasak makanan buatlah dalam jumlah sedikit-sedikit agar tidak disimpan dalam waktu lama.

  1. Gunakan air dan bahan baku yang bersih

Gunakan air dan bahan baku yang bersih. Pilih bahan makanan yang masih segar dan diproses dengan aman seperti susu pasteurisasi.

Sekian penjelasan mengenai cara menjaga keamanan makanan anak. Bagi Anda yang ingin mengetahui apakah makanan yang diberikan pada anak sudah aman atau tidak bisa melihat di sini. Sedangkan bagi Anda yang ingin mengetahui cara membuat susu formula yang benar, maka bisa cek info lengkapnya di sini.             

Oleh : dr. Viramitha K.R, Sp.A, M.Kes

Komentar Artikel Cara Menjaga Keamanan Makanan Anak
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI