KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Minggu 15 Juli 2017 09:53:22
by MelindaCare, via Artikel Penyakit

Infeksi saluran kemih pada bayi mungkin banyak orangtua yang tidak menyangka jika penyakit ini ternyata bisa menyerang buah hatinya. Infeksi saluran kemih atau ISK ini memang di sebagian orang dikenal banyak menyerang orang dewasa. Padahal ISK bisa juga menyerang bayi loh.

Salah satu tanda bayi terkena ISK yang bisa Anda waspadai adalah menangis setiap kali kencing. Namun apa sih penyebab munculnya ISK ini ? berikut penjelasannya.

Saluran kencing meliputi ginjal yang memproduksi urin. Lalu ureter yang menjadi saluran pembawa urin dari ginjal ke kandung kemih. Dan kandung kemih yang menyimpan urin hingga tubuh siap untuk mengosongkannya. Terakhir, uretra yang menjadi saluran pembawa urin ari kandung kemih keluar dari tubuh.

Normalnya, urin dapat melewati saluran di atas tanpa hambatan. Namun jika ada bakteri yang berasal dari kulit di sekitar area genital, rektum, atau melalui aliran darah masuk ke urin maka bisa terjadi infeksi dan peradangan. Bahkan tercatat sekitar 8 % anak perempuan dan 2% anak lelaki akan mengalami ISK setidaknya satu kali selama masa kecilnya.

ISK ini memang mudah diatasi tetapi jika dibiarkan saja tanpa diobati maka bisa menyebabkan kerusakan ginjal permanen atau bahkan sampai gagal ginjal. Usia berapa yang rentan terkena ISK? Anak di bawah usia dua tahun akan lebih rentan terkena ISK.

Gejala Bayi Terkena ISK

Berikut ini beberapa gejala yang menunjukkan bayi terkena ISK:

  • Mengalami demam tanpa penyebab yang spesifik
  • Urin bercampur darah
  • Urin yang berbau tidak wajar
  • Tidak mau makan
  • Rewel terus tanpa penyebab yang pasti
  • Muntah

Lalu apa sebenaernya penyebab ISK? Penyebab ISK meliputi penyumbatan dan kondisi yang disebut vesicoureteral reflux (VUR), di man aurin dari kandung kemih kembali ke ginjal. VUR ini ditemukan pada 30-40% bayi dan anak kecil yang menderita ISK.

Ketika dokter mencurigai anak terkena ISK maka akan bertanya mengenai riwayat keluarga yang menderita ISK. Mengingat bisa disebabkan faktor genetika. Dokter juga akan memeriksa contoh urin dan mengidentifikasi bakteri. Tes tersebut disebut urine culture.

Ada juga beberapa tes yang direkomendasikan dokter untuk bayi dengan ISK, yaitu:

  • Voiding cystourethrogram (VCUG) yang bisa menunjukkan apakah benar urin kembali dari kandung kemih ke ginjal?
  • Nuclear Scans. Tes ini miurip dengan VCUG namun menggunakan cairan radioaktif.
  • USG yang akan membantu menunjukkan gambar ginjal serta kandung kemih.

 

Usaha Pencegahan agar Terkena ISK

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencergah bayi terkena ISK, di antaranya:

  • Pastikan bayi mendapatkan cukup cairan
  • Pada bayi perempuan, hindari menggunakan sabun kasar dan busa mandi di area vitalnya. Saat mengganti popok, pastikan Anda membersihkan alat vitalnya dari depan ke belakang.
  • Jika bayi sudah mengonsumsi makanan padat maka bisa memberikan banyak buah dan sayur

Jika Anda curiga atau ingin mendapatkan info lebih lengkap mengenai infeksi saluran kemih pada bayi, maka bisa mengunjungi bagian Urologi di RS Melinda 2, jl. Dr . Cipto No. 1 Bandung.Di  Bandung Urology Center RS Melinda 2 ini Anda akan ditangani oleh para dokter profesional dan terbaik. Untuk info lengkap serta jadwal dokter bisa menghubungi (022) 4233777.

Komentar Artikel Infeksi Saluran Kemih pada Bayi, Kenali Lebih Jauh Yuk
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI