KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Rabu 13 Maret 2019 09:42:29
by MelindaCare, via Artikel Ibu Hamil

Masalah kehamilan trimester 3 ini banyak dirasakan oleh para ibu hamil: kegerahan yang amat sangat. Hal ini disebabkan karena suhu tubuh ibu hamil sedikit lebih tinggi dari biasanya akibat perubahan hormon, aliran darah yang meningkat dan panas yang dihasilkan plasenta.

Jika hal ini terjadi, Anda butuh kiat-kiat untuk mengatasinya karena tentu mengganggu aktivitas. Berikut kiat-kiat yang Melinda Hospital sarankan:

1. Memakai Payung

Apabila sedang berada di luar ruangan terutama antara pukul 10.00-16.00, gunakan payung agar panas matahari tidak langsung mengenai kulit Anda. Payung juga efektif guna mencegah pemakaian tabir surya yang berbahaya untuk ibu hamil.

2. Banyak Minum

Dalam keadaan gerah tentunya Anda berkeringat. Banyak minum, segelas air setiap sejam sekali, merupakan salah satu solusi agar tubuh tidak kekurangan cairan apalagi sampai dehidrasi. Jus buah segar juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Hindari minuman kafein seperti kopi atau minuman bersoda karena malah dapat memperburuk dehidrasi.

3. Hindari Makanan Pedas

Suka makanan pedas? Lebih baik kurangi untuk menghindari rasa tidak nyaman yang ditimbulkan. Selain makanan pedas, kurangi juga asupan garam atau makanan yang asin karena kelebihan garam bisa mengakibatkan retensi air dalam tubuh sehingga akan terjadi pembengkakan di kaki. Buah-buahan seperti semangka, jeruk atau pir bisa memberi efek mendinginkan.

4. Menggunakan Baju Yang Nyaman

Pada saat hamil akan lebih nyaman menggunakan baju hamil dengan potongan longgar dan berbahan katun agar udara dapat tersirkulasi di sekitar tubuh dan mencegah baju basah serta lengket saat suhu udara naik. Pilih juga warna-warna terang.

5. Spray Wajah

Menyemprotkan penyegar di bagian wajah, leher atau anggota badan lain akan memberi efek dingin dengan cepat. Pilih penyegar wajah yang tidak mengandung bahan berbahaya bagi kehamilan.

6. Berenang

Takut berenang ketika hamil? Anda tidak perlu khawatir, karena ini cara yang paling menyenangkan sekaligus menyehatkan dalam mendinginkan suhu tubuh. Saat di kolam renang, air membantu mendukung berat badan Anda sehingga ketegangan otot dan sendi berkurang. Asalkan dilakukan secara hati-hati, berenang merupakan salah satu olahraga yang direkomendasikan untuk ibu hamil.

 

Untuk kegerahan yang disertai dengan pusing, serasa akan pingsan, muntah terus menerus dan merasa haus berlebihan, segera hubungi dokter. Karena masalah kehamilan trimester 3 tersebut kemungkinam merupakan gejala pre-eklamsia.

Komentar Artikel Masalah Kehamilan Trimester 3: Membuat Suhu Tubuh Dingin
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI