KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Jumat 08 Februari 2019 13:34:41
by MelindaCare, via Artikel Relationship

Tips keuangan keluarga, jujur kepada pasangan tentang kemampuan ekonomi sangat penting agar komunikasi keduanya berjalan dengan lancar dan rumah tangga berjalan harmonis. Keuangan dalam keluarga memang suatu hal yang sensitif. Maka dari itu, perlu kiat khusus dalam mengubah pola komunikasi dan kejujuran bersama pasangan Anda, diantaranya:

1. Jangan membahas masalah keuangan yang belum selesai. Gunakan waktu lain untuk membicarakan lebih nyaman, tanpa membuat salah satu pihak terancam.

2. Akui bahwa Anda atau pasangan berperan sebagai orang gemar menabung dan pemboros. Dengan memahami kebiasaan tersebut, Anda atau pasangan dapat lebih mudah belajar memperbaiki kebiasaan yang jelek.

3. Jangan menyembunyikan pendapatan atau hutang pada pasangan, tetapi senantiasa menceritakan persoalan keuangan dari mulai tagihan kartu kredit, jumlah dalam rekening bank, pembayaran asuransi, hingga hasil investasi.

4. Jangan saling menyalahkan, karena Anda dan pasangan tidak akan mencapai titik temu. Salah satu pihak menyalahkan dan yang lain hanya menerima juga tidak baik, karena membuat komunikasi berjalan satu arah.

5. Buatlah tabungan bersama.

6. Tentukan orang yang bertanggungjawab membayar tagihan bulanan.

7. Perbolehkan Anda atau pasangan menyisihkan uang lebih untuk digunakan sesuai kebijaksanaannya.

Tips keuangan keluarga lainnya, susun tujuan jangka panjang dan pendek bagi Anda dan pasangan, misalnya rencana pernikahan atau rencana sekolah anak. Jika salah satu memiliki tujuan berbeda, persilahkan untuk menggunakan tabungannya sendiri. Bicarakan tentang masa depan bagaimana keluarga Anda nantinya. Good Luck!

Komentar Artikel Tips Keuangan Keluarga, Ini Kiat-Kiatnya!
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI