KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Minggu 09 Agustus 2014 09:22:18
by MelindaCare, via Artikel Postpartum

Perawatan pasca melahirkan penting untuk dilakukan guna meminimalisir gangguan kesehatan yang dapat menimpa setiap ibu. Seperti data yang telah dikutip dari website resmi unicef.org, sekitar 529.000 wanita meninggal akibat komplikasi pasca melahirkan setiap menitnya pada tahun 2013. Suhu badan pasca melahirkan biasanya mengalami kenaikan 0,5°C dari suhu badan normal. Jika pasca melahirkan mengalami demam hingga 38°C, sebaiknya segera periksakan kepada dokter atau bidan agar tidak terjadi infeksi pada tubuh Anda. Berikut beberapa hal yang seringkali menimpa wanita pasca melahirkan.

1. Begitu bayi lahir maka secara perlahan rahim akan menyusut dan mengecil seperti saat sebelum hamil. Proses kembalinya rahim ke bentuk semula akan disertai dengan rasa seperti kram pada perut, dan akan semakin terasa nyeri saat menyusui. Namun, rangsangan hisapan bayi akan merangsang keluarnya hormon oksitosin yang membantu proses kontraksi tersebut, sehingga rahim dapat segera mengecil.
2. Setelah dua atau tiga hari pasca melahirkan payudara ibu nifas akan membengkak dan disertai dengan rasa nyeri. Hal tersebut menandakan bahwa payudara telah memproduksi ASI dan dibutuhkan penghisapan yang teratur dari bayi sejak lahir. Untuk beberapa kasus, ibu pasca melahirkan akan mengalami pembesaran kelenjar susu hingga di area sekitar ketika akibat aktivitas hormon yang memproduksi ASI, namun hal ini tidak berbahaya.
3. Nyeri pada bengkak atau lecet di vagina ibu pasca melahirkan umumnya lumrah terjadi akibat adanya robekan, sehingga saraf di sekitar luka akan menjadi sangat peka dan timbul rasa sakit, Jaga kebersihan luka jahitan dan lakukan rendam air hangat untuk mengurangi keadaan bengkak pada vagina secara perlahan.
4. Saat melahirkan, beberapa ibu terkena hemoroid (ambeien). Minta dokter atau bidan Anda untuk memasukkan kembali hemoroid tersebut dengan menggunakan jelly pelumas. Jangan takut untuk buang air besar atau mengejan, asalkan Anda tetap menjaga kebersihan dubur dengan melakukan perawatan melahirkan.

Asupan makanan bergizi yang mengandung kalori, protein, banyak cairan, sayuran serta buah-buahan sangat penting untuk memulihkan tenaga pasca melahirkan. Anda memerlukan perawatan pasca melahirkan guna menjaga kondisi serta kesehatan tubuh. Alat-alat genital harus dijaga kebersihannya, apalagi jika terjadi infeksi selama nifas. Lakukan pemeriksaan rutin selama nifas dan segera periksakan jika ada keluhan pasca melahirkan.
  

 

Komentar Artikel Pasca Melahirkan, Rasa Nyeri Ini Akan Muncul!
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI