KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Rabu 04 Juli 2018 16:43:20
by MelindaCare, via Artikel Ibu Hamil

Persiapan menjelang persalinan tidak hanya sekedar mempersiapkan mental bagi ibu hamil saja. Namun ada persiapan lain serta menjadi tanggungjawab suami atau istri secara bersama-sama dalam mempersiapkan dana persalinan. Menabung bersama dari awal pernikahan adalah langkah positif untuk mempersiapkan dana untuk kebutuhan pemeriksaan menjelang kehamilan, masa kehamilan, persalinan hingga pasca persalinan. Tabungan ini akan sangat membantu pasangan suami istri, karena persalinan tidak dapat ditebak apakah normal atau caesar, disinilah peran tabungan sangat dibutuhkan.

Berikut adalah tips penting bagi Anda dan pasangan baru dalam mengukur dan mempersiapkan dana kehamilan dan persalinan :

  1. Anggarkan dari penghasilan Anda, dana untuk pemeriksaan masa kehamilan untuk mengontrol kesehatan dan keselamatan ibu dan kandungannya.

  2. Anggarkan dana untuk kebutuhan pakaian hamil. Baju hamil tidak terlalu dianggap penting bagi sebagian orang. Namun pakaian ini sangat penting bagi kenyamanan ibu dan janin dalam kandungan. Sebaiknya Anda menganggarkan dana untuk membeli pakaian hamil dalam list dana persiapan kehamilan Anda.

  3. Cari informasi selengkap mungkin mengenai kebutuhan pakaian bayi baru lahir hingga usia 3 bulan. Usahakan jangan terlalu banyak, karena perkembangan bayi sangat cepat. Di bulan ke 4 Anda dan pasangan pun harus segera membeli pakaian baru untuk bayi Anda. Hindarkan pembelian barang bayi yang tidak diperlukan. Hal ini selain menghemat, Anda bisa mengaggarkan dananya untuk kebutuhan bayi lainnya.

  4. Persiapan persalinan selanjutnya yaitu memilih tempat bersalin yang Anda inginkan, tentunya harus memilih fasilitas yang terbaik untuk ibu dan bayi. Pertimbangkan pula dana yang akan Anda keluarkan. Serta dana untuk persalinan ini harus dua kali atau tiga kali lipat dari dana biaya persalinan secara normal, karena persalinan tidak dapat diprediksi. Jika pada waktunya Anda harus dilakukan tindakan persalinan caesar.

  5. Biaya kesehatan bayi dan ibu pasca melahirkan. Bayi sangat rentan terhadap gangguan lingkungan. Sehingga Anda disarankan sering berkonsultasi dengan dokter untuk kesehatan bayi Anda. Selain itu, kesehatan ibu pasca melahirkan pun harus ekstra diperhatikan untuk pemulihan kesehatannya.

  6. ASI ekslusif adalah hak bagi bayi Anda. Namun ada beberapa ibu yang tidak bisa memberikan ASI, untuk itu ada baiknya Anda mempersiapkan dana untuk membeli suus formula jika terpaksa harus memberikan sifor.

  7. Bagi Anda yang beragama muslim, biaya akikah untuk bayi Anda adalah kewajiban bagi orangtua yang mampu. Anda bisa menyiapkan dana akikah dari sejak hamil.

Dana persalinan perlu Anda catat sedini mungkin, setelah Anda mengetahui kehamilan. Untuk mempermudah Anda dan pasangan dalam mempersiapkan persalinan dan pasca persalinan Anda.

 

Komentar Artikel Tips kehamilan : Mempersiapkan Dana Persalinan
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI