KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Senin 24 Maret 2014 15:13:07
by MelindaCare, via Artikel Postpartum

Nutrisi ibu nifas, yang perlu dimakan dan dihindarisewajarnya perlu diperhatikan guna menjaga kesehatan tubuh pasca melahirkan. Masa nifas adalah masa penyembuhan seorang ibu hamil selama kurang lebih 40 hari. Ibu nifas sangat membutuhkan perhatian yang sama halnya ketika saat mengandung, terutama kebutuhan akan makanan yang memiliki zat gizi dan nutrisi yang tinggi. Nutrisi ibu nifas penting adanya untuk diperhatikan dengan benar, agar fungsi tubuh dapat cepat kembali normal seperti saat sebelum melahirkan.

 

Penelitian membuktikan bahwa makanan juga dapat berpengaruh terhadap mood ibu nifas serta dapatmeningkatkan kualitas pada ASI. Namun, banyak para ibu nifasyang menghindari jenis makanan tertentu demi alasan penyembuhan, misalnya, jika makan telur maka pada kulit yang dijahit akan terasa gatal. Nah, agar nutrisiibu nifasdapat erpenuhi dengan baik dan benar, maka berikut ini adalah mitos seputar makanan yang perlu dimakan dan dihindari pasca melahirkan.

 

  1. Ibu nifas dilarang makan ikan, telur dan daging agar jahitannya cepat sembuh.Hal ini tidak benar, karena ibu nifas justru butuh pemenuhan protein yang tinggi untuk membantu penyembuhan luka. Protein juga diperlukan untuk pembentukan ASI. Ibu nifas sebaiknya mengkonsumsi minimal telur, tahu, tempe dan daging atau ikan bila ada.

  2. Makanan yang berkuah dilarang bagiibu nifas adalah pernyataan yang salah. Tubuh ibu nifasmembutuhkan banyak cairan pasca mengalami perdarahan, keringat, serta untuk pembentukan ASI.

  3. Ibu nifas jangan makan buah-buahan selama menyusui karena bayi bisa diare, adalah mitos. Konsumsi buah sangat baik untuk menjaga kondisi tubuh agar selalu fit. Mengkonsumsi buah tidak menyebabkan diare pada bayi. Selain itu agar pencernaan lancar, ibu nifasjuga memerlukan asupan makanan berserat seperti buah dan sayur mayur.

  4. Sebaiknyaibu nifas membatasi asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.Ibu nifas wajib mengonsumsi makanan bergizi dengan porsi makan yang lebih besar dari sebelum kehamilan. Sumber karbohidrat, lemak, vitamin dan protein sangat dibutuhkan untuk proses pemulihan fisik ibu nifasdan melawan infeksi.

Nutrisi ibu nifas perlu sangat diperhatikan dan dijaga agar proses pemulihan dapat berlangsung denagan cepat. Jangan mempercayai mitos seputar makanan dan minuman yang harus dihindari oleh ibu nifas.Ada baiknya konsultasikan dengan dokter kandungan mengenai perawatan dan pemulihan ibu nifas.

Komentar Artikel Nutrisi Ibu Nifas, yang Perlu Dimakan dan Dihindari
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI