KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Kamis 17 Oktober 2013 13:49:03
by MelindaCare, via Artikel Penyakit

    Ruam merah di leher atau dikenal dengan biang keringat pada bayi biasanya diakibatkan oleh keringat. Ruam ini muncul berkelompok dan menimbulkan rasa gatal, sehingga membuat bayi Anda merasa tidak nyaman. Selain itu, ruam dapat menyebar ke bagian tubuh lain jika tidak diatasi secara langsung.

Penyebab utama terjadinya ruam bayi di leher adalah kondisi iklim yang lembab dan panas, sehingga memicu terjadinya keringat yang berlebihan pada tubuh. Ruam tersebut muncul saat saluran kelenjar keringat tersumbat oleh kotoran dan sel-sel kulit mati, sehingga muncul bakteri yang membuat kulit pada bayi merasa gatal. Ruam tersebut akan pecah jika digaruk. Cairan dari pecahan tersebutlah yang membuat ruam terjadi di bagian tubuh bayi lainnya.

Bukan hanya pada bayi, ruam merah di leher bisa juga dapat menyerang anak-anak dan orang dewasa. Hal ini disebabkan leher sangat mudah terkena biang keringat, karena kepadatan kelenjar keringat di leher lebih tinggi dibandingkan pada daerah kulit lainnya. Anda dapat mengenal terjadinya gejala ruam, seperti dari warnanya yang merah terkadang sedikit bernanah dan meletus saat digaruk.

Nah, tentunya Anda bertanya bagaimana cara untuk mengatasi ruam bayi di leher. Berikut beberapa cara dan mengatasi terjadinya ruam pada leher, yaitu :

  • Tetap jaga kondisi suhu tubuh si kecil. Segera bersihkan leher dan mengganti baju bayi Anda saat mereka berkeringat berlebihan.

  • Kompresan es batu atau air dingin merupakan pengobatan alternatif yang ampuh untuk mengatasi ruam merah di leher. Namun, jangan gunakan kompresan ini terlalu berlebihan pada bayi dan anak Anda, agar mereka tidak mudah terserang flu.

  • Hindari untuk menggunakan lotion antiseptic, karena hanya akan memperburuk terjadinya ruam pada leher. Gunakanlah lotion yang mengandung calamine karena dapat mengurangi rasa gatal akibat ruam.

  • Menggunakan bedak dingin setelah mandi, merupakan cara yang tepat untuk mengurangi rasa gatal, panas, dan perih pada kulit leher yang terkena ruam.

    Ruam merah di leher dapat terhindar, jika Anda selalu menjaga kebersihan sang buah hati. Selalu bersihkan leher terutama pada lipatan-lipatannya, untuk menghindari ruam merah atau biang keringat. Jika kondisi ruam cukup parah dan tidak kunjung sembuh, ada baiknya segera membawa si kecil ke dokter ahli untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat

Komentar Artikel Ruam Merah di Leher Bayi dan Cara Mengatasinya
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI