KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Rabu 26 September 2018 13:24:37
by MelindaCare, via Artikel Bayi Anda

Bayi suka memasukan benda ke mulut adalah suatu hal yang wajar. Anda tidak perlu khawatir, karena hampir setiap bayi melalui tahap tersebut. Bahkan menurut beberapa penelitian, itu adalah prasyarat untuk menjadi bayi cerdas. Bukan makanan saja yang bayi masukkan ke dalam mulutnya, bisa tangan, mainan, jempol kaki bahkan sepatu bisa masuk ke dalam mulutnya.

Menurut Jill Stamm, Ph.D., salah satu penemu the New Directions Institute for Infant Brain Development and an associate clinical professor of psychology in education, Arizona State University di Tempe, Arizona “Otak adalah organ pencari sesuatu yang baru. Semuanya baru untuk bayi, mereka ingin tahu apakah ini bisa dimakan atau barang ini akan memakannya? Apakah saya bisa menggunakan ini?, apakah ini membahayakan? Itu adalah yang otak butuhkan: mengumpulkan semua informasi.”

Tapi kenapa semua harus dengan cara memasukan ke dalam mulut? Semua pencarian itu harus menggunakan sensor-pencari kecil yang disebut neuron. “Bagian tangan dan mulut adalah bagian yang penuh dengan sensor neuron dari seluruh tubuh kita,” menurut Stamm, yang juga menulis buku Bright from the Start: The Simple, Science-backed Way to Nurture Your Child’s Developing Mind from Birth to Age 3 (Penguin Press).

Dengan kata lain, bayi melibatkan bagian yang paling sensorik dari tubuh mereka. Hal itu mengapa mereka sering menghisap jempol mereka, bahkan ketika sedang dalam kandungan, bayi melibatkan kedua sensor tersebut.

Tahap ini akan berhenti sendirinya ketika si kecil sudah menguasai tangan mereka dan mulai mengucapkan kata-kata. “Ketika si kecil sudah dapat mengartikulasikan kata-katanya, sedikit demi sedikit dia akan berhenti memasukan barang-barang ke dalam mulutnya karena dia sibuk dengan hal baru yaitu berbicara,” ungkap Stamm. Jika bayi Anda belum bisa “berbicara” atau menggenggam sesuatu, jangan panik sebaiknya Anda bawa bayi Anda ke dokter, agar bisa mengetahui apa yang salah dengan si kecil.

Bayi suka memasukkan benda ke mulut? Boleh saja, asalkan tidak sembarangan benda dan pastikan terjaga kebersihannya. Semoga artikel ini menginspirasi.

Komentar Artikel Bayi Suka Memasukkan Benda ke Mulut, Perlukah Dicegah?
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI