KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Kamis 27 September 2018 13:24:19
by MelindaCare, via Artikel Ibu Hamil

Bolehkah makan pedas saat menyusui? Makan makanan pedas saat menyusui, mungkin banyak orang yang akan melarangnya. Begitupun pada masa kehamilan, Anda akan sering menerima nasihat untuk menghindari makanan pedas. Namun sebenarnya, apakah makanan pedas benar-benar terlarang untuk ibu hamil maupun menyusui?

Makanan pedas dan ibu hamil

Ibu hamil boleh mengonsumsi makanan pedas asalkan tidak berlebihan. Dikhawatirkan ketika mengonsumsi makanan pedas berlebihan bisa memicu sakit perut. Ketika ibu hamil mengalami sakit perut, tentu akan menyulitkannya, mengingat tidak boleh mengonsumsi sembarangan obat.

Ada juga beberapa ibu hamil yang khawatir ketika mengonsumsi makanan berasa tajam, salah satunya makanan pedas bisa memicu kontraksi. Namun belum ada bukti ilmiah yang benar-benar valid mengenai ini. Makanan pedas hanya akan mempengaruhi sang ibu, sedangkan janin mengambil nutrisi dari cabai yang mengandung banyak vitamin C.

Makanan pedas dan ibu menyusui

Sama halnya dengan masa kehamilan, ibu menyusui boleh mengonsumsi makanan pedas. Rasa pedas yang timbul karena senyawa capsaicin pada cabai bisa terkandung dalam ASI, namun tidak cukup kuat membuat lidah bayi panas. ASI diproduksi dengan mengambil nutrisi dari darah ibu, bukan dari pencernaannya. Ketika ASI terasa pedas, otomatis darah pun terasa pedas.

Bagaimana jika bayi terkena mencret atau diare? Penyebabnya bukan karena Anda mengonsumsi makanan pedas. Namun karena bayi alergi atau sensitif pada makanan yang Anda konsumsi. Senyawa capsaicin dalam ASI setelah Anda mengonsumsi makanan pedas, tidak cukup membuat reaksi nyeri atau kepanasan pada lidah bayi, tetapi bisa membuat bayi sensitif.

 

Bolehkah makan pedas saat menyusui maupun pada masa kehamilan? Boleh saja asalkan tidak berlebihan. Bijaklah dalam mengonsumsi makanan dan minuman di masa kehamilan juga menyusui.

 

Komentar Artikel Bolehkah Makan Pedas Saat Menyusui?
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI