KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Selasa 09 Oktober 2018 09:09:41
by MelindaCare, via Artikel Bayi Anda

Cara menyiapkan dan menyimpan susu formula yang benar ternyata tidak sulit untuk dilakukan. Mungkin bagi ibu baru memiliki kesulitan bagaimana panduan menyiapkan dan menyimpan susu formula dengan benar. Namun kuncinya, cukup menjaga kebersihan secara keseluruhan dan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Periksa container tempat penyimpanan susu formula dan botol bayi. Pastikan selalu terjaga kebersihannya dan tertutup rapat.

  • Pastikan susu formula yang akan diberikan pada bayi tidak kadaluarsa. Jika kaleng atau tempat susu formula rusak dan terdapat serangga atau kotoran lainnya, sebaiknya jangan digunakan karena sudah terkontaminasi.

  • Sebelum membuat susu formula, pastikan Anda sudah mencuci tangan bersih menggunakan sabun.

  • Pastikan botol susu, dot, dan seluruh elemen pada botol telah dicuci dan disterilkan. Cara mensterilkannya bisa memasukkan botol ke dalam air mendidih selama lima menit. Keringkan secara menyeluruh sebelum menggunakannya.

  • Jika Anda menggunakan susu formula berbentuk cair, pastikan untuk menggukurnya dengan takaran yang tepat. Sedangkan jika susu bubuk, pastikan sendok takarannya bersih. Bagi Anda yang menggunakan susu formula langsung jadi, pastikan sudah mengocoknya denga benar sebelum membuka dan menggunakannya.

  • Gunakan air matang yang bersih dan sesuai dengan takaran.

  • Pastikan suhu airnya tidak terlalu panas maupun dingin. Kocok sehingga susu formula dan air tercampur dengan baik. Sebaiknya teteskan terlebih dahulu susu formula ke lengan Anda untuk memastikan suhunya sudah tepat sebelum diberikan ke bayi.

  • Susu formula yang sudah digunakan dan tidak habis sebaiknya langsung dibuang atau dimasukkan ke dalam lemari es.

  • Simpanlah kemasan susu formula yang belum di buka di tempat yang kering, dingin, dan tidak terkena sinar matahari langsung.

  • Ketika hendak menyimpan susu formula ke dalam lemari es, pastikan Anda melabelinya dengan tanggal kapan dibuatnya. Taruh di lemari es dan jangan membekukannya.

Cara menyiapkan menyimpan dan menyimpan susu formula yang benar ini penting untuk diketahui. Memungkinkan susu formula terjaga nutrisinya dan tentunya mempengaruhi kesehatan sang buah hati.   

Komentar Artikel Cara Menyiapkan dan Menyimpan Susu Formula yang Benar
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI