KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Kamis 09 Mei 2019 13:48:12
by MelindaCare, via Artikel Ibu Hamil

Amankah ibu hamil berpuasa? Keraguan ini tentunya akan menjadi pertanyaan ibu hamil yang ingin menjalankan ibadah di Bulan Ramadhan. Hal ini dikarenakan dampak dan pola perubahan makan yang mungkin dapat mengganggu kesehatan ibu dan calon buah hati. Namun, penelitian menunjukan bahwa puasa ibu hamil akan memberikan dampak yang sangat baik, selama dalam keadaan sehat dan pola makan yang teratur.

Nutrisi yang cukup selama Ramadhan akan membuat kondisi sang ibu dan janin selalu dalam keadaan baik. Karena manfaat berpuasa bagi ibu hamil, akan membantu membakar lemak di dalam tubuh selama kehamilan. Selama berpuasa di saat hamil, ibu juga harus tetap menjaga kondisi tubuh dengan beristirahat yang cukup setiap hari.

Namun, ada baiknya jika ibu hamil yang ingin beribadah selama bulan Ramadhan untuk selalu mengecek kesehatan pada dokter ahli. Selalu tanyakan kesehatan ibu dan janin selama menjalankan puasa. Jika memang puasa ibu hamil dilarang, sebaiknya lakukan saja agar kesehatan Anda dan bayi masih tetap terjaga dengan baik.

Berikut beberapa alasan mengapa puasa ibu hamil dilarang, yaitu :

  • Ibu hamil yang mengalami diabetes, disarankan untuk tidak menjalani ibadah. Hal ini dikarenakan ibu harus tetap menjalankan terapi obat yang teratur dan mengikuti semua saran yang telah diberikan dokter.

  • Mengalami pendarahan saat berpuasa, tentunya menjadi dampak yang cukup buruk untuk menjalani puasa ibu hamil. Jika Anda tetap memaksa untuk berpuasa, maka akan membahayakan janin yang dikandung.

  • Ibu hamil yang memiliki riwayat hipertensi, sebaiknya jangan menjalani ibadah puasa. Penyembuhan untuk menjalani terapi sangat diperlukan agar ibu dan janin tetap dalam keadaan baik.

 Jangan terlalu memaksa untuk melakukan ibadah puasa selama Ramadhan, ada baiknya ketika berpuasa ibu hamil selalu berkonsultasi kepada dokter ahli. Hal ini dilakukan agar mengetahui amankan ibu hamil berpuasa dan semua keraguan untuk menjalankan ibadah Ramadhan terjawab dengan baik.

Komentar Artikel Amankah Ibu Hamil Berpuasa?
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI