KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Senin 04 Juni 2018 13:36:05
by MelindaCare, via Artikel Anak Anda

Anak kecil dan gadget, bolehkah diberikan? Sebenarnya gadget bisa Anda kenalkan sejak balita. Sedini itukah? Ya, Anda tidak perlu cemas bila si kecil suka bermain gadget karena gadget sama seperti benda lainnya yang memiliki dampak positif dan negatifnya. Semua itu tergantung pada aturan yang Anda terapkan sejak dini dan penggunaan gadget hanya sebagai alternatif sarana pembelajaran dengan metode berbeda.

Gadget, seperti tablet, smartphone, netbook, dan sebagainya memiliki fitur lengkap dan menarik, sehingga membuat anak cepat akrab dengannya. Perlu diingat, pengenalan dan penggunaan gadget harus diberikan berdasarkan perkembangan dan usia anak.

Pemberian gadget untuk anak usia di bawah lima tahun sebaiknya hanya sebatas pengenalan warna, bentuk, dan suara. Pasalnya, ditinjau dari sisi neurofisiologis, otak anak usia di bawah 5 tahun masih dalam taraf perkembangan. Otak akan berkembang secara optimal bila diberi rangsangan sensorik secara langsung, seperti mendengar suara, berinteraksi dengan orang, dan aktivitas lainnya.

Otak bagian depan si kecil berfungsi sebagai pemberi perintah dan menggerakkan anggota tubuh lainnya. Sedangkan, otak bagian belakang terdapat hormon endorfin yang mengatur pusat kesenangan dan kenyamanan anak Anda.

Anak bisa merasakan kesenangan saat bermain gadget, hal ini memicu meningkatnya hormon endorfin. Jika bermain gadget dilakukan dalam jangka waktu yang lama dan terus-menerus bisa mengakibatkan kecanduan. Alhasil, anak akan mencari kesenangan dengan cara bermain gadget.

Untuk anak usia di bawah lima tahun, sebaiknya Anda melatih si kecil ke arah sensor-motorik. Misalnya, berlari, meraih sesuatu, merasakan tekstur kasar atau lembut, dan biarkan anak bebas bergerak kemana pun ia mau. Aktivitas ini tentu tidak bisa Anda dapatkan pada gadget karena berbeda fungsi. Pada gadget, anak bisa menekan tombol untuk melompat, namun kemampuan anak berinteraksi secara langsung dengan objek nyata di dunia luar tidak diperoleh anak.

Anak kecil dan gadget juga membantu perkembangan fungsi adaptifnya. Seorang anak harus bisa menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan sekitarnya, maka anak pun harus tahu cara menggunakan gadget. Namun, tetap orangtua harus senantiasa mengawasi anak selama bermain gadget dengan cara membatasi waktu bermainnya atau menerapkan aturan lain.  

Komentar Artikel Anak Kecil dan Gadget? Bolehkah ?
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI