KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Kamis 31 Mei 2018 10:10:13
by MelindaCare, via Artikel Bayi Anda

 

   Tips memilih dot bayi, banyak sekali pilihan jenis empeng yang disenangi bayi. Manakah yang sesuai untuk si kecil? Hal utama yang harus diperhatikan adalah ukuran penampang dot bayi harus sesuai dengan rongga mulut buah hati Anda. Jika bayi diberikan penampang empeng asal-asalan atau lebih besar, dikhawatirkan mulutnya akan lebih lebar dan bibir menjadi tebal (domble).

Selain penampangnya, ada kriteria lain yang harus diperhatikan sebelum Anda membeli empeng. Berikut tips memilih dot bayi berdasarkan bahan dan keamanannya.

  1. Pilih dot berbahan lentur dan elastis, mirip puting susu ibu sehingga nyaman untuk mulut bayi. Bahan silikon atau lateks sama-sama memiliki kelebihan, diantaranya:

  • Dot Silikon : tidak berbau, mudah dibersihkan, cukup kuat menahan gigitan bayi, tidak begitu lentur, dan lembut di mulut bayi.
  • Dot Lateks : kenyal, lentur, lembut di mulut bayi, terkadang meninggalkan bau bila kurang bersih mencucinya, dan mudah robek akibat gigitan bayi.
  1. Pilih dot yang tahan panas untuk disterilkan

  2. Pilih dot ortodentik, biasanya berbentuk bulat dan bagian bawah datar. Dot ini dirancang khusus agar tidak mengganggu pertumbuhan gigi dan kesehatan gusi

  3. Pilih dot dengan panjang puting minimal 3,75 cm untuk mencegah bayi tersedak

  4. Pilih pegangan dot berwarna mencolok agar mudah menemukannya bila terjatuh

  5. Pilih dot yang memiliki lubang di bagian bawahnya untuk sirkulasi udara dan memperkecil risiko terjadinya ruam di sekeliling mulut atau bibir bayi

  6. Periksa kekuatan melekat dot di bagian berbentuk puting yang digigit bayi. Jangan pilih, jika Anda mudah melepasnya, karena bayi berisiko mudah tersedak.

   Dot bayi merupakan alat yang sering dipakai untuk menenangkan bayi ketika rewel. Selain memberikan efek kepuasan menghisap, empeng juga dapat merangsang pertumbuhan otot rahang dan mulut bayi. Jadi, sebelum Anda memilih empeng untuk si kecil, perhatikan tips memilih dot bayi di atas. Pastikan Anda memberikan yang terbaik untuk si kecil ya, Moms!

Komentar Artikel Tips Memilih Dot Bayi, Perhatikan Bahan dan Keamanannya
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI