KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Minggu 26 Mei 2018 10:47:28
by MelindaCare, via Artikel Pendidikan

Tips memilih tontonan untuk Anak ini bisa membantu para orangtua untuk memberikan pendidikan yang baik bagi si kecil. Sekarang ini orangtua dituntut untuk cerdas dalam pilah-pilih tontonan anak. Pasalnya, tidak semua tayangan televisi baik untuk dinikmati seluruh anggota keluarga, terutama anak-anak. Meskipun televisi saat ini diwajibkan memberikan klasifikasi atau penggolongan program acara, masih diperlukan peran orangtua untuk mengontrol pemberian tayangan kepada anak. Berikut beberapa tips mengontrol dan mengawasi anak dalam menonton televisi.

Bijak memilih tayangan

Patokan dalam memilih tontonan untuk anak dapat dilihat dari rating tayangan dan pastikan sesuai dengan usia anak. Rating film biasanya dilihat dalam bentuk huruf atau kode. Di Indonesia, rating tayangan dibagi menjadi SU (Semua Umur), BO (Bimbingan Orangtua), dan D (Dewasa). Sesuaikan tayangan televisi yang ditonton dengan usia dan pola pikir anak. Hindari tayangan, terutama film kartun yang terdapat adegan kekerasan fisik.

Batasi jadwal menonton!

Perlu ditetapkan batasan waktu menonton agar anak tidak banyak menghabiskan waktu di depan televisi. Hal itu akan menghambat perkembangan fisik dan mentalnya.

Dampingi anak saat menonton tayangan

Banyak orangtua yang membiarkan anaknya berlama-lama menonton hanya agar orangtua dapat berisitirahat atau melakukan aktivitas lain. Itu merupakan contoh yang tidak bijak. Sebaiknya, dampingi anak saat menonton tayangan kesukaannya, sehingga kedekatan emosi Anda dan si kecil dapat terbangun.

Pilih tayangan bernilai edukasi

Tayangan televisi yang mendidik merupakan pilihan tepat bagi si kecil. Selain memperluas pengetahuan, Anda juga dapat berinteraksi dengan si kecil membicarakan tayangan yang ditonton bersama. Anda bisa merangsang kemampuan mengingat anak dengan melatihnya setelah melihat tayangan, misalnya menanyakan suara hewan yang ada pada tayangan.

Ada banyak manfaat dari menonton tayangan televisi bagi anak, diantaranya membuka wawasan anak terhadap tayangan tersebut, menambah kosakata, membebaskan dan memacu anak untuk berpendapat atas isi tayangan, serta mempererat kebersamaan seluruh anggota keluarga. Semua manfaat tersebut dapat diperoleh, jika Anda selektif memilih tontonan untuk anak.  Semoga tips memilih tontonan anak ini bisa menginspirasi Anda.

Komentar Artikel Tips Memilih Tontonan Untuk Anak
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI